Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Packing" untuk Pelesir dengan Kereta Api

Kompas.com - 25/11/2011, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Berwisata dengan kereta api memang memiliki situasi yang berbeda dengan berwisata menggunakan mobil pribadi atau pesawat udara. Terutama apabila Anda berwisata pada musim liburan. Anda bahkan harus desak-desakan di dalam kereta.

Oleh karena itu, mengemas barang yang dibawa saat berwisata dengan kereta api memiliki teknik yang sedikit berbeda. Simak tips berikut mengenai cara packing yang baik agar tidak menyusahkan Anda ketika terpaksa berdesakan di kereta ekonomi.

Pilihlah tas yang ringan dan mudah dibawa.
Anda akan merasa repot bila harus mengangkut koper Anda sepanjang stasiun kereta api. Apalagi ketika di dalam kereta api yang agak ramai.

Pilih saja tas punggung agak besar.
Bisa juga pilih tas punggung dengan roda, sehingga tetap bisa dibawa dengan cara diseret layaknya koper. Jika terpaksa menggunakan koper, pilih koper yang ringan, tahan lama, dan memiliki roda dan pegangan.

Bisa juga memecah barang bawaan Anda dalam dua tas kecil. Sebab, dua tas kecil lebih mudah dibawa daripada membawa satu tas yang sangat besar.

Kemas barang-barang multiguna.
Setelah mendapatkan tas yang ringan, berikutnya barang-barang apa saja yang harus Anda bawa? Pertama tentu saja pakaian. Bawa pakaian hitam. Dalam keadaan perjalanan jarak jauh, Anda harus menggunakan baju yang itu-itu saja, tanpa mendapatkan kesempatan berganti pakaian.

Juga, pakaian hitam mudah dipadu-padankan, sehingga tak masalah jika Anda menggunakan pakaian sama berkali-kali. Jika Anda memakai pakaian hitam, tak seorang pun akan memperhatikan Anda telah memakai baju hitam yang sama tiga kali berturut-turut. Siasati pakaian hitam Anda dengan aksesoris yang berbeda atau syal.

Bawaan Anda pun menjadi lebih ringan dan Anda cukup mencuci pakaian itu sekali atau dua kali. Untuk alas kaki, Anda dapat membawa 1 pasang sepatu dan 1 sandal. Untuk perlengkapan mandi, cukup membawa sabun cair, sabun cuci muka, handuk, dan sikat gigi beserta pasta gigi. Bawa perlengkapan ini dalam ukuran kecil.

Taruhlah tas kecil bersama Anda. Bila Anda menaruh tas yang lebih besar di langit-langit gerbong, sebaiknya Anda mengaitkan tali yang kuat pada tas Anda. Sehingga hal ini dapat memberikan rasa aman pada Anda terhadap kemungkinan pencurian yang biasa terjadi di dalam kereta.

Simpanlah barang-barang berharga seperti dompet, handphone, tiket kereta, kartu identitas Anda, dan hal-hal penting lainnya di tas kecil agar Anda dapat menjaganya dengan lebih mudah. Serta lebih gampang saat mencarinya di saat Anda memerlukan benda-benda ini.

Bersiaplah untuk perjalanan malam yang panjang.
Sisakan ruang kosong di dalam tas Anda untuk menaruh bantal kecil dan selimut tipis yang dapat Anda manfaatkan bila Anda beristirahat malam di dalam kereta.

Jagalah barang-barang berharga Anda. Bila Anda ingin pergi ke kamar kecil atau berhenti sebentar untuk merenggangkan otot-otot yang kaku karena perjalanan jauh, sebaiknya Anda selalu membawa tas kecil Anda itu dan waspadalah dengan tas Anda yang lain. (VALENTINE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com