Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malut Berupaya Tarik Wisatawan Raja Ampat

Kompas.com - 26/11/2011, 16:17 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Sejumlah kabupaten di Provinsi Maluku Utara berupaya menarik wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, agar melanjutkan perjalanan ke kabupaten bersangkutan.

Kabupaten Halmahera Utara misalnya, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, JA Papilaya, di Ternate, Sabtu (26/11/2011), pihaknya akan membuka paket perjalanan wisata dengan rute Raja Ampat - Morotai - Tobelo, ibukota Kabupaten Halmahera Utara.

Dengan adanya paket perjalanan wisata itu diharapkan wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung di Raja Ampat akan melanjutkan perjalanan ke kabupaten itu untuk melihat berbagai obyek wisatanya, seperti peninggalan sejarah dan obyek wisata bahari.

"Obyek wisata peninggalan sejarah yang cukup menarik dikunjungi wisatawan di Halmahera Utara diantaranya peninggalan Perang Dunia II, baik berupa benteng pertahanan, lapangan terbang maupun puing-puing kapal perang dan senjata," katanya.

Salah satu lokasi objek wisata sejarah yang terdapat puing-puing kapal perang dan senjata Perang Dunia II di kabupaten itu adalah di Teluk Kao. Di lokasi itu sedikitnya ada 12 titik tempat puing-puing kapal perang dan senjata.

Kabupaten lainnya di Malut yang juga berupaya menarik wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat melanjutkan perjalanan ke kabupaten bersangkutan adalah Kabupaten Halmahera Selatan, yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Raja Ampat.

Menurut bupati setempat, Muhammad Kasuba, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Raja Ampat agar wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat diarahkan untuk melanjutkan perjalanan ke Halmahera Selatan.

Kabupaten itu memiliki obyek wisata bahari yang cukup menarik diantaranya obyek wisata Pulau Widi, Pantai Lelei dan Pantai Gura Ici. Keindahan obyek wisata itu tidak kalah jika dibandingkan dengan obyek wisata bahari di Raja Ampat.

"Dari ketiga obyek wisata tersebut yang paling dekat dengan Raja Ampat adalah Pulau Widi yakni hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar tiga jam menggunakan speed boad dari Raja Ampat. Pulau Widi itu terletak perbatasan antara Halmahera Selatan dengan Raja Ampat," katanya.

Kabupaten Halmahera Utara dan Selatan sudah dilayani penerbangan perintis dari dan ke Ternate, bahkan khusus Halmahera Utara ada yang langsung dari Manado, sehingga wisatawan yang ingin menggunakan transportasi udara ke kedua daerah itu tidak akan mengalami kesulitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com