Jumat, 25 Juli 2014

/ Travel

Super Penyet, Super Sambalnya, Super Rasanya...

Kamis, 1 Desember 2011 | 09:40 WIB

KOMPAS.com - Ada tempat ramai baru di Greenville, Jakarta Barat, parkirannya selalu penuh, baik siang maupun malam. Namanya adalah Super Penyet, letaknya bersebelahan dengan Seafood Saung Greenville. Karena penasaran dengan ramainya itu, akhirnya siang kemarin saya pergi makan siang ke Super Penyet. Dan ternyata masih saja ramai.

Restoran Super Penyet juga mempunyai 3 cabang di Semarang. Dan nampaknya kehadirannya di Jakarta pun sangat diterima oleh orang Jakarta. Begitu masuk kita akan melihat kendil-kendil kecil yang berisi aneka sambal. Seperti tag line-nya “Super Sambalnya”, karena ada 8 macam sambal yang bebas kita ambil sesuka kita.

Delapan macam sambal itu adalah Sambal Dondong, Sambal Terasi, Sambal Kecap, Sambal Kalasan, Sambal Dabu-Dabu, Sambal Super Pedas, Sambal Korek dan Sambal Ijo. Wow... banyak sekali. Dan saya pun mengambil semua jenis sambal itu he-he... Selain saya suka pedas, saya pun penasaran dengan rasa kedelapan macam sambal tersebut.

Menunya semua serba penyet, dari ayam, bakso, empal, bebek, dan udang penyet. Mau yang porsi satuan atau mau paket juga ada. Tinggal pilih sesuai selera. Yang menjadi favorit disini adalah Super Udang Penyet, sayang sekali saya kehabisan. Jadi kami memilih Udang Jumbo Penyet (ukuran udangnya lebih besar dari paket super udang) dan Paket Super Komplit 2 yang berisi ayam, bakso, tahu, tempe, dan telor.

Penyajiannya bisa dibilang cukup cepat, hanya sekita 10 menit kami menunggu. Ayamnya berukuran sedang, dan digoreng cukup kering, disajikan bersama baso yang dipotong-potong yang sudah digoreng terlebih dahulu. Telornya didadar, tahu dan tempenya juga digoreng biasa.

Kemudian sambal penyetnya diletakkan di bagian bawahnya. Wuihh aroma ayamnyaa, nyam... nyam..., menggugah selera makan saya. Rasa daging ayamnya enak lho, gurih, bumbunya terasa, dan rasa asinnya pas banget. Dicocol dengan sambal penyetnya..., jadi tambah mantap.

Kemudian saya mencoba memadukan daging ayamnya dengan 8 macam sambal tadi, ternyata yang paling nendang pedasnya adalah yang Sambal Korek. Bukan hanya pedasnya, rasanya pun mantap banget. Bikin daging ayamnya jadi terasa lebih lezat. Begitu pula dengan bakso, tahu dan tempenya saya santap dengan Sambal Korek. Pedasnya sampai membuat saya sedikit mengucurkan keringat he-he...

Nah sekarang tinggal giliran Udang Jumbo penyetnya yang saya cicipi, udangnya memang cukup besar, tapi saya rasa tidak terlalu jumbo he-he... Udangnya digoreng biasa, tapi udang memang enak dimasak apa saja, meskipun hanya digoreng biasa. Apalagi di santap dengan 8 macam sambal yang tersedia. Cobain deh santap udangnya dengan Sambal Dondong (kedondong), he-he... seger, asam, pedes...., mantap!

Makan siang kali ini mantap banget, pedas, segar, dan lezat ayam dan udangnya. Super sambalnya, super rasanya. (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: