Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Nonton Perang Ketupat? Datang ke Lombok

Kompas.com - 05/12/2011, 11:35 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, tengah mempersiapkan pelaksanan perayaan "Perang Topat" (Perang Ketupat) yang akan digelar pada 10 Desember 2011.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, H Rumindah, di Lombok Barat, Minggu (4/12/2011), mengatakan, acara yang bertajuk "The Celebration of Perang Topat" tersebut akan menonjolkan ritual kebudayaan dari dua penganut agama yakni ritual keagamaan perpaduan Hindu dan Islam. "Mewakili masyarakat dan panitia, kami berharap bapak bupati beserta rombongan bisa hadir untuk membuka dan meresmikan ritual kebudayaan tahunan itu," ujarnya.

Ia mengatakan, ritual tahunan Perang Topat setiap tahun digelar di Pura Lingsar, Kecamatan Lingsar. Kegiatan itu akan dimulai pada pukul 16.00 Wita, setelah didahului dengan kegiatan sembahyang.

Menurut Rumindah, perayaan Perang Topat merupakan acara keagamaan sekaligus kegiatan budaya yang diharapkan bisa menunjang angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lombok Barat.

Informasi mengenai kegiatan tersebut sudah disebar melalui hotel-hotel berbintang, terutama yang ada di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. "Saya yakin, wisatawan asing maupun nusantara sangat menyukai acara budaya semacam itu. Di Bali tidak ada ritual budaya Perang Topat yang diikuti oleh suku Sasak yang beragama Islam dengan etnis Hindu yang ada di Lombok," ujarnya.

Dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan ke Lombok Barat, menurut Rumindah, akan mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lombok Barat.

PAD yang disumbangkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tercacat paling tinggi dibandingkan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, yakni mencapai 91,4 persen dengan tingkat kunjungan wisatawan sebanyak 229.839 orang dari 250 ribu wisatawan yang ditargetkan. "Kami optimistis target PAD dari sektor pariwisata pada 2011 akan melampui pencapaian pada 2010 sebesar 92 persen. Acara Perang Topat ini adalah salah satu terobosan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com