Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Pariwisata Gelar Seminar Tun Sri Lanang

Kompas.com - 07/12/2011, 08:38 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui Direktorat Nilai Sejarah, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, menyelenggarakan seminar Ketokohan Tun Sri Lanang dalam Sejarah Dua Bangsa di Bireuen, Nangroe Aceh Darussalam, Kamis (8/12/2011). Tun Sri Lanang merupakan tokoh Melayu yang juga dikenal sebagai pujangga dan ahli pemerintahan.

Tun Sri Lanang bernama asli Tun Muhammad dan bergelar Dato' Bendahara Tun Muhammad dan Orang Kaya Seri Paduka Tun Seberang. Selain ahli pemerintahan, Tun Sri Lanang juga dikenal sebagai pujangga Melayu. Karyanya yang monumental adalah kitab Sulalatus Salatin yang dianggap penting karena menggambarkan adat istiadat kerajaan, silsilah raja, dan sejarah kerajaan Melayu.

Seminar diikuti oleh peserta dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan tamu undangan lain. Peserta terdiri dari para akademisi, tokoh masyarakat dan agama, budayawan, pemerhati sejarah, pemangku kepentingan bidang sejarah, guru, serta wartawan.

Seminar akan menghadirkan 14 pembicara yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Mereka akan menyampaikan makalah dengan beberapa tema, yakni Lintasan Sejarah Tun Sri Lanang, Karya-karya Literatur Tun Sri Lanang, Situs Peninggalan Tun Sri Lanang di Aceh dan Malaysia, serta Arsitektur dan Budaya Peninggalan Tun Sri Lanang di Kawasan Sejarah Melayu Nusantara di Samalanga, Nangroe Aceh Darussalam.

Seminar tersebut merupakan bagian dari rangkaian peresmian Kawasan Wisata Sejarah Melayu Nusantara di Samalanga, Kabupaten Bireuen, Nangroe Aceh Darussalam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com