Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Aceh Akan Resmikan Kawasan Wisata Samalanga

Kompas.com - 08/12/2011, 10:53 WIB
Hertanto Soebijoto

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dijadwalkan akan membuka seminar sekaligus meresmikan Kawasan Wisata di Samalanga, Bireuen, Kamis (8/12/2011). Acara seminar tentang sejarah Melayu nusantara itu berlangsung di kantor Kabupaten Bireuen.

Direktur Nilai Sejarah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabri Aliaman, kepada Kompas.com, mengatakan, seminar tersebut ingin mengungkap satu peristiwa sejarah yang sudah 300 tahun belum terungkap. "Mengapa baru sekarang, karena dulu masih terjadi kontroversi," katanya.

Seminar akan membahas sejumlah subtema, di antaranya "Lintasan Sejarah Tun Sri Lanang", yang akan menampilkan pembicara Dato Sri Wahid Wan Hassan (Malaysia), Djamal Tukimin, Prof Dr Dien Madjid MA, dan keynote speaker Dr Mukhlis Paeni.

Subtema selanjutnya adalah "Karya-karya Literatur Tun Sri Lanang" yang akan menampilkan pembicara Prof Moh Haji Salleh, Pehin Jawatan Dalam Seri Maharaja Dato Seri Utama Dr Haji Awang Mohd Jamil Al-Sufri (Malaysia), dan Dr Oman Fathurrahman. Berikutnya, "Situs/Peninggalan Tun Sri Lanang di Aceh-Malaysia", menampilkan pembicara Haji Kamdi bin Haji Kamil, Dr Phil Ichwan Azhari, dan Dr Badruzzaman.

Seminar sehari ini akan membahas subtema "Dengan Aneka Ragam Seni, Arsitektur, dan Budaya Peninggalan Tun Sri Lanang, Dibangun Kawasan Wisata Sejarah Melayu Nusantara di Samalanga". Pembahasan ini akan dibawakan oleh Prof Dr Abdurrahman Nafiah, Dr E Edward McKinnon, dan Ir Razuardi. Sesi terakhir akan membahas subtema "Pemahaman Keislaman Aceh" yang akan menampilkan pembicara Prof Dr Misri A Mukhsin dan Prof Dr Rusdi Ali Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com