Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Bulutangkis "Smash Mania" Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 11/12/2011, 19:25 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Agate Studio resmi meluncurkan dua game terbaru untuk ponsel Nokia yang telah tersedia di toko aplikasi Nokia (Nokia Ovi Store), Minggu (11/12/2011) hari ini. Dua game tersebut adalah Smash Mania dan Sexy Witch.

Smash Mania, adalah game pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) dan Semi Augmented Reality (Semi AR). Game ini merupakan pertandingan badminton digital yang bisa dimainkan seorang diri maupun bersama teman.

Teknologi NFC digunakan untuk membuat pemain game bisa bermain dengan temannya sesama pengguna Nokia. NFC lebih cepat mendeteksi keberadaan ponsel lawan main dibandingkan bluetooth. Hanya dengan mendekatkan ponsel, kedua ponsel sudah bisa memainkan game ini.

Namun jika NFC tidak terdeteksi, kedua pengguna maish bisa mengguna bluetooth yang tersedia di ponsel. Sedangkan teknologi Semi AR berfungsi untuk menggabungkan objek di dunia nyata dengan objek di dunia virtual sehingga lapangan bulu tangkis seperti seolah-seolah berada di depan mata.

"Kini bermain bulutangkis dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, karena raket, shuttlecock, maupun lapangan tersedia dalam ponsel Nokia-mu," ujar Nikki Dibya Wardhana, Product Manager Smash Mania dalam jumpa pers di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Minggu (11/12/2011).

Smash Mania adalah game bulu tangkis yang tersedia di ponsel Nokia yang memiliki sistem operasi Meego dan Symbian Belle. Untuk memainkannya cukup dengan mengunduh aplikasi dari Nokia Ovi Store. Ada versi lite (gratis) dan versi full feature (untuk yang berbayar). Untuk versi Lite hanya bisa digunakan untuk bermain sendiri ataupun bermain dengan pengguna Nokia lain. Jika salah satu sudah dikalahkan, permainan pun diulang.

Sedangkan untuk aplikasi yang berbayar akan mendapatkan fitur lengkap terutama fitur Turnamen dan Karir. Fitur Turnamen memungkinkan pengguna bisa bermain dengan berbagai tokoh bulu tangkis virtual dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tokoh bulu tangkis virtual tersebut akan muncul secara acak dalam 3 fase, yakni : first mode, semi final, dan final. Sedangkan Fitur Karir membuat pengguna dapat menamatkan tujuh level yang tersedia, dengan kualitas level yang semakin tinggi. Dua fitur ini hanya bisa digunakan untuk single player.

Agate Studio selaku developer Smash Mania sudah memperkenalkan game ini pada ICT Awards 2011 dan pada acara Indonesia Bermain. Namun saat itu aplikasi Smash Mania belum tersedia di Nokia Ovi Store. Hari ini, menandai peluncuran game ini di Ovi Store, Agate Studio menggelar final kompetisi Smash Mania di 6 kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Sebelumnya, Agate Studio dan Nokia Indonesia telah melakukan trial kompetisi di tiap kota tersebut dan berhasil menarik ratusan pengunjung. Hari ini, para finalis berlomba menjadi yang terbaik untuk mendapatkan hadiah Nokia 500 dan Nokia 700.

Tim Smash Mania:

Producer                      : Shieny Aprilia
Project Manager          : Nikki Dibya Wardhana, Arief Widyasa, dan Denny TJ
Designer                      : Nikki Dibya Wardhana
Programmer                : Teguh Budi W, Restya Winda A
Artist                          : I Made Teguh B, Nathalia Noor
Sound Composer        : Sandi Mardiansyah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com