Sabtu, 19 April 2014

/ Travel

Berburu Hotel Murah di Sepanjang Kuta

Rabu, 28 Desember 2011 | 15:38 WIB

Baca juga

KOMPAS.com – Bali bagian selatan, terutama di garis pantai sepanjang Pantai Kuta terus memikat wisatawan mancanegara, tak ketinggalan wisatawan domestik. Di kawasan ini, Bali seakan tidak pernah tidur.

Tentu saja karena inilah pusat keramaian Bali. Sebut saja dari tempat belanja, kuliner, klub-klub malam, sampai pantai-pantainya yang seakan menjadi tempat wajib datang bagi wisatawan domestik.

Hotel-hotel pun berjamuran. Dari kelas melati, kost-kostan, sampai berbintang dapat Anda temukan di sini. Anda bisa mendapatkan kamar dari harga hanya puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Namun perlu jeli untuk mencari hotel yang murah dan nyaman.

Jangan heran jika wisatawan yang datang pun mulai dari turis kelas atas, flashpacker, sampai backpacker. Jika Anda termasuk wisatawan yang tak berkantong tebal namun tetap ingin mencari kenyamanan saat menginap di hotel, berikut beberapa rekomendasi hotel di kawasan selatan Bali.

KUTA. Di Gang Poppies 1 dan Poppies 2 memang surganya berburu penginapan murah. Salah satu hotel yang direkomendasi adalah Gemini Star Hotel. Letaknya berada di Poppies 2. Sebagian besar taksi yang biasa mangkal di Bandara kenal dengan hotel ini. Cukup menyebutkan nama hotel ini jika Anda ingin minta diantar ke Gemini Star Hotel.

Lokasinya memang berada di jalan sempit. Oleh karena itu, agak susah jika Anda membawa mobil masuk ke hotel ini. Lebih baik jika Anda berpergian dengan motor. Lokasinya sangat dekat dengan pusat keramaian Legian yaitu sekitar Monumen Bom Bali. Jalan kaki ke arah Pantai Kuta juga lumayan dekat.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200.000. Jika Anda datang berempat, bisa ambil kamar tipe Family seharga mulai dari Rp 540.000. Di hotel ini, ada dua jenis kamar yaitu kamar dengan kipas angin dan kamar ber-AC.

Fasilitas lainnya adalah televisi dan kamar mandi dengan shower. Kamar mandi relatif bersih. Bahkan, hotel ini juga memiliki kolam renang. Namun perlu diingat, tamu tidak mendapatkan sarapan.

SEMINYAK. Kawasan Seminyak terkenal dengan vila-vila mewah. Agak susah mencari hotel murah di kawasan ini. Nah, The Studio bisa menjadi pilihan. Hotel ini terletak di Jalan Kunti, Seminyak. Untuk kamar tipe suite, harga yang ditawarkan mulai Rp 450.000.

Fasilitas kamar sudah termasuk AC, televisi, DVD, dan akses internet broadband. Selain itu, hotel ini dilengkapi pula dengan kolam renang.  Walau harganya terjangkau, desainnya ditata apik dan cantik ala vila-vila pada umumnya di Seminyak. Setiap kamar bahkan terdapat living room lengkap dengan meja dan sofa. Hanya saja harga kamar tidak termasuk sarapan.

Sebaiknya, jika Anda menginap di hotel ini, jangan naik taksi dari bandara, tetapi mintalah dijemput oleh pihak hotel. Hotel ini menyediakan antara jemput dari dan ke bandara dengan biaya terjangkau. Selain itu, secara lokasi memang agak sulit untuk mencapai ke pusat keramaian Seminyak dan Pantai Seminyak. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan naik taksi atau cari saja penyewaan motor untuk berkeliling Bali.

LEGIAN. Sama seperti kawasan Poppies di Kuta, kawasan Legian yang memang letaknya bersebelahan Kuta menawarkan banyak penginapan murah. Sri Ratu Cottages salah satunya. Hotel kecil ini terletak di Jalan Three Brothers. Lokasinya dekat dengan Pantai Legian.

Walau dari penampilan luar hotel ini tidak terlalu menarik, namun hotel ini selalu ramai. Tamu-tamu asing terutama dari Australia menjadi tamu langganan di hotel ini. Apa yang menjadi daya tariknya? Salah satunya adalah pelayanan yang ramah selain juga kamar hotel yang murah dan bersih.

Hotel ini terkenal ramah baik pada wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Tak jarang, tamu yang menginap sangat lama, bisa berhari-hari. Hotel ini memiliki beberapa jenis kamar, mulai dari kamar tipe standar sampai suite. Setiap kamar terdapat televisi dan ber-AC. Kamar mandi bersih dengan shower.

Harga kamar mulai dari Rp 380.000 untuk dua orang. Jika datang dalam rombongan atau keluarga bisa pilih kamar yang lebih besar untuk kapasitas 4 orang, harganya mulai dari Rp 600.000. Harga sudah termasuk sarapan pagi.

KARTIKA PLAZA. Serupa dengan Seminyak yang penuh dengan vila, hotel di kawasan ini ramai dengan hotel-hotel berbintang. Hotel berbintang empat dan lima berjejeran di kawasan ini. Anda bisa mencari hotel murah di Gang Puspa Ayu.

Gang ini terletak di seberang Discovery Shopping Mall. Masuk ke dalam gang, ada banyak jalan kecil dengan hotel-hotel sederhana. Salah satunya Dayu Beach Inn. Hotel ini tidak terlalu ramai, namun menawarkan pelayanan yang ramah.

Kamar hanya terdiri dari dua jenis dengan tipe sama yaitu tipe standar. Kamar dibedakan hanya dengan tempat tidur jenis single atau double. Masing-masing kamar difasilitasi televisi, kulkas mini, dan safety box. Di siang hari, hotel ini begitu sepi, namun malah kadang terasa ramai pada malam hari, ketika tamu-tamu bersantai dekat kolam renang.

Keunggulan hotel ini adalah lokasinya yang dekat dengan Discovery Shopping Mall. Sementara itu, bandara juga dekat, hanya berjarak sekitar 5 menit jika tidak macet. Harga normal kamar (di luar high season) adalah Rp 440.000, sudah termasuk sarapan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana