Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentawai Didominasi Turis Berkantong Tebal

Kompas.com - 29/12/2011, 20:18 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan asing (wisman) yang datang ke Pulau Mentawai, Sumatera Barat, merupakan wisatawan-wisatawan yang mengeluarkan banyak uang dan menginap dalam waktu yang lama.

“Mereka biasanya menginap minimal 10 hari dan menghabiskan 500 dollar AS per hari,” kata Ketua ASITA Pusat, Asnawi Bahar, di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Asnawi menuturkan saat ini di Pulau Mentawai memiliki sedikitnya 8 resor berbintang. Ada pula resor-resor kecil dan homestay yang dikelola oleh masyarakat lokal.

Dalam delapan bulan di tahun 2011, lanjutnya, Pulau Mentawai menerima 12 ribu wisman. Wisman berasal dari berbagai negara, terutama dari Eropa dan Amerika Serikat. Asnawi menuturkan, wisman yang datang ada dari Kanada, Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara lainnya.

“Wisman 12 ribu ini mengeluarkan uang sama besarnya dengan 200 ribu wisman dari ASEAN yang datang ke Indonesia,” kata Asnawi.

Perbandingan yang menarik tersebut menunjukkan besarnya potensi Pulau Mentawai dalam pariwisata. Hanya saja, kendala utama dari Pulau Mentawai adalah akses. Asnawi mengungkapkan sebaiknya di Pulau Mentawai didirikan bandara.

“Bandara jadi dalam tiga tahun, maka saya yakin turis yang datang jumlahnya 10 kali lipat. Mentawai itu seperti Bali zaman dulu, potensinya sangat besar,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com