Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Tema 2012: "Green and Creative Tourism"

Kompas.com - 30/12/2011, 17:52 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun 2012, tema pariwisata Indonesia adalah "Green and Creative Tourism". Hal tersebut diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Sebelumnya, Wakil Menparekraf Sapta Nirwandar menjelaskan, green tourism berkaitan dengan pariwisata berbasis lingkungan. "Termasuk wisata alam, alam bisa alami dan buatan seperti agro wisata," katanya.

Adapun creative tourism berkaitan erat dengan ekonomi kreatif. Ada 15 subsektor di ekonomi kreatif, salah satunya adalah kuliner dan film. "Pariwisata tanpa kuliner tidak mungkin. Jadi erat kaitannya dengan ekonomi kreatif," ujar Sapta.

Sementara film, lanjutnya, bisa menjadi media dan alat promosi pariwisata. Berbagai contoh film membantu promosi Indonesia telah ditunjukkan dengan film Hollywood Eat, Pray, Love, serta serial reality show Perancis Koh Lanta: Raja Ampat.

Sementara itu, Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) yang beranggotakan pelaku industri pariwisata dan bekerja sama dengan pemerintah dalam promosi pariwisata telah menyiapkan tiga program. "Tiga program ini kami sesuaikan dengan bulan-bulannya, perlu scheduling yang tepat," kata Ketua BPPI, Yanti Sukamdani.

Program pertama, tambahnya, adalah "Low Season Tourism" yang lebih membuat paket-paket promosi untuk mengisi bulan-bulan sepi kunjungan. Program lainnya adalah "Creative Tourism" dan "Green Tourism".

"Green tourism yang berhubungan dengan lingkungan. Di hotel saja banyak ditanyakan tamu gimana implentasi 'hijau' di hotel," ungkapnya.

Sementara itu, creative tourism berkaitan dengan pengadaan festival, seperti festival kuliner ataupun fashion. Ia memberi contoh seperti Jember Fashion Carnaval yang menggabungkan pariwisata, fashion, dan kreativitas.

Selain itu, tambah Yanti, tahun 2012 masih merupakan tahun MICE (meeting, incentive, conference, exhibition). BPPI, diakui Yanti, mendapatkan kucuran dana Rp 23 miliar dari pemerintah untuk anggaran berpromosi pariwisata Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com