Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tren Hotel Tahun 2012

Kompas.com - 31/12/2011, 15:33 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Pertumbuhan akomodasi di Indonesia terus meningkat. Data dari BPS menunjukkan, tahun 2010 hotel berbintang berjumlah 1.306 unit, sementara di tahun 2011 meningkat menjadi 1.489 unit. Sedangkan akomodasi non bintang meningkat dari 13.281 unit di tahun 2010 menjadi 13.794 unit di tahun 2011.

Tentang akomodasi di Indonesia, Kompas.com bertanya kepada beberapa orang yang berhubungan dengan pariwisata, mulai dari pihak dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pengusaha perhotelan, pengguna jasa hotel, sampai jurnalis di bidang pariwisata.

Berikut beberapa harapan mereka akan pertumbuhan akomodasi di Indonesia di tahun 2012, termasuk prediksi tren hotel di tahun 2012. Selain itu, daftar berikut juga berdasarkan pengamatan Kompas.com selama tahun 2011. Bagikan juga harapan Anda tentang akomodasi, baik itu hotel berbintang maupun non bintang.

Green Hotel. Banyak narasumber sepakat tahun 2012 adalah tahunnya bagi hotel-hotel dengan konsep go green. Semakin banyak tamu baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang mulai bertanya sejauh mana hotel yang akan mereka inapi berbasis lingkungan.

Dari lebih seribu hotel berbintang di Indonesia, baru 24 hotel berbintang yang mendapatkan nilai kelulusan untuk mendapatkan Green Hotel Award 2011. Oleh karena itu, pengembangan hotel menuju green hotel masih terbuka lebar.

Contoh seperti Surabaya Plaza Hotel dan Century Park Hotel yang berani menerapkan bebas rokok di area hotel. Selain itu, hotel-hotel berbintang empat dan lima sebagian besar sudah mengampanyekan kepada tamu mengenai konsep ramah lingkungan.

Mulai dari hal sederhana seperti penggunaan kembali handuk dan sprei. Atau, seperti Discovery Kartika Plaza, hotel yang mendapatkan Green Award Hotel salah satunya menerapkan konsep bangunan yang mengacu pada penghematan energi dan air.

Budget Hotel. Hotel-hotel bujet, hotel bintang dua, atau berkonsep bed and breakfast makin berjamuran di tahun 2011. Tren ini pun diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2012. Hotel-hotel ini menawarkan kenyamanan namun dengan harga yang murah.

Cocok untuk wisatawan domestik yang memang membutuhkan tempat tidur nyaman dalam kamar ber-AC serta kamar mandi shower yang bersih. Tak perlu ada kolam renang, karena hal yang penting terdapat restoran hotel yang menyediakan sarapan bagi tamu.

Hotel-hotel jenis ini terutama di Pulau Jawa tak hanya muncul di tingkat kabupaten, tetapi juga tingkat kecamatan. Bahkan jaringan hotel nasional dan internasional sudah mulai bermain di hotel bujet. Sebut saja Santika dengan Amaris yang merupakan hotel bintang dua. Santika akan membuka 5 Hotel Amaris di tahun 2012.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com