Rabu, 17 September 2014

News / Travel

Jalan-jalan

Bersantai di Tepi Danau Mekarsari

Minggu, 1 Januari 2012 | 10:53 WIB

Berita Terkait

Oleh Cokorda Yudistira dan Ratih P Sudarsono

KOMPAS.com - Mengisi waktu libur terasa semakin menyenangkan jika dinikmati bersama keluarga, berkumpul dan bersantai di bawah pepohonan sambil memandang danau. Coba saja kunjungi Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Tempat yang pas untuk menikmati suasana santai bersama keluarga itu berada di tepi Danau Cipicung yang berada di areal Taman Wisata Mekarsari.

Suasana itu yang membuat Yuli kembali berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari. Rabu (28/12) itu. Yuli tengah berkumpul bersama keluarganya di tepi danau Taman Wisata Mekarsari sambil menyantap buah segar yang mereka beli di warung buah segar di areal taman.

Yuli mengatakan tertarik datang ke Taman Wisata Mekarsari untuk menikmati suasana santai di tengah kebun buah dan danau. ”Kebetulan keluarga dari Lampung datang untuk berlibur ke sini. Nah, sebelum mereka pulang, kami ajak dulu jalan-jalan ke Mekarsari,” ujar Yuli, yang tinggal di Wanaherang, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Pengunjung Taman Wisata Mekarsari dapat mengayuh sepeda air, fruity boat, atau masuk ke balon besar. Tarif sewa peralatan itu mulai Rp 20.000.

Pilihan lainnya untuk menikmati suasana danau adalah berkeliling danau dengan menumpang perahu naga.

Menuju danau, pengunjung dapat menumpang kereta dengan harga tiket Rp 10.000. Danau merupakan tujuan perjalanan kereta. Pilihan lainnya adalah membeli paket tur keliling taman, misalnya Green Land Tour, atau menyewa sepeda.

Musim buah

Taman Wisata Mekarsari relatif mudah dijangkau dari Jakarta, Bogor, ataupun Bekasi. Lokasi Taman wisata ini sekitar 13 kilometer dari pintu Tol Cibubur, tepatnya di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Km 3.

Untuk liburan keluarga ataupun rombongan, Taman Wisata Mekarsari memberikan paket wisata yang cukup lengkap. Selain wisata kebun buah, di Taman Wisata Mekarsari terdapat pula beragam fasilitas liburan, antara lain wisata perahu di danau dan kanal, permainan luar lapangan, panggung hiburan, dan penginapan rumah pohon leo.

Selama masa libur sekolah ini, pengelola Taman Wisata Mekarsari mulai 20 Desember 2011 sampai 7 Januari 2012 mengadakan paket khusus untuk pelajar sekolah dasar berprestasi.

Untuk masuk ke Taman Wisata Mekarsari, pengunjung harus membeli tiket Rp 15.000 per orang dan membayar tiket kendaraan terpisah. Sepeda motor, misalnya, dikenai tarif Rp 3.000.

Tidak sekadar jalan-jalan atau berkeliling menikmati suasana di tengah-tengah kebun buah, berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari juga memberikan kesempatan mengenal aneka flora Nusantara. Pengunjung dan keluarga dapat pula belajar menanam tanaman, mencangkok atau menyetek tanaman, atau mengombinasikan aneka tanaman buah dalam satu pot.

Taman Wisata Mekarsari dahulu dikenal sebagai Taman Buah Mekarsari. Taman yang diresmikan tahun 1995 memiliki luas 264 hektar dan mempunyai lebih dari 100.000 tanaman yang mayoritas tanaman buah.

Nah, bagi Anda penggemar buah, masa libur akhir tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk datang ke Taman Wisata Mekarsari. Saat ini rambutan sedang berbuah.

Manajer Humas Taman Wisata Mekarsari Putri Ayu Pratami mengatakan, selain sedang musim buah rambutan, saat ini juga sedang musim buah nangka dan nangkadak.

The Junggle

Tempat lain untuk bersantai bersama keluarga di Bogor adalah The Jungle. Meski jalan ke sana biasanya padat saat hari libur, kejengkelan di jalan itu akan terobati jika sudah menyeburkan diri di kolam air yang ada di tempat rekreasi itu. Harga tiket masuk Rp 75.000 per orang pada masa liburan yang berlangsung hingga 9 Januari mendatang.

Sewalah ban besar seharga Rp 15.000 per 3 jam, naiki, dan biarkan aliran kolam arus buatan sepanjang 300 meter itu mengayun kita, yang berbaring santai di atas ban bersama keluarga.

Berenang-renang kesana kemari dengan sekali-kali diguyur air dari ember raksasa juga mendatangkan kegembiraan bersama keluarga. Kalau berani, jangan lupa berurutan meluncur dari menara luncur yang tingginya 12 meter dengan papan luncurnya sekitar 200 meter. Byurrrrr..., ada sensasi tersendiri saat jatuh ke kolam air.

Selain bercengkerama di dalam kolam renang, jika ke sana saat akhir pekan, selalu ada hiburan tambahan. Misalnya, fun aerobic, fountain football, sirkus mini, sulap, dan memberi makan pada ikan atau burung. Jadi silakan pilih mana yang Anda suka.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: