Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Canangkan 2012 Tahun Pantai Bersih

Kompas.com - 01/01/2012, 14:30 WIB
Natalia Ririh

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangesti mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun pantai bersih. Mengapa? Ia mengatakan, hal itu berangkat dari keprihatinan terhadap kebersihan pantai-pantai di Indonesia.

"Mimpi saya adalah pantai-pantai di seluruh Indonesia itu bersih. Pantai yang bersih itu bisa dengan tenang dinikmati, terutama untuk anak-anak. Indonesia kaya dengan pantai, kita wajib menjaga kebersihannya. Maka, tahun 2012 ini, sebagai tahun pantai bersih, tahun pariwisata hijau dan kreatif," ujar Mari, dalam acara Aksi Pantaiku Indah di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2012).

Mari mengatakan, tahun pantai bersih ini dimulai dari kawasan wisata pantai Ancol yang akan dilanjutkan pada kawasan wisata pantai lainnya.

"Seperti pantai di Bali, juga kawasan wisata dengan banyak penyelam," katanya.

Masalah kebersihan pantai, lanjut Mari Elka, menjadi keprihatinan bersama karena kesadaran menjaga pantai mesti ditumbuhkan. "Kita harus menyediakan fasilitas di pantai, namun juga diimbangi dengan kesadaran masyarakat," jelasnya.

Memasuki tahun 2012, Mari optimistis perkembangan pariwisata akan meningkat. Target pariwisata tahun 2012 adalah mendatangkan sebanyak 8 juta wisatawan mancanegara, meski tengah terjadi perlambatan ekonomi dunia.

"Selain wisatawan asing, perhatian kita juga pada peningkatan wisatawan dalam negeri," ujar Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com