Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Pasar Strategis Pariwisata ASEAN

Kompas.com - 09/01/2012, 19:19 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Sepuluh negara ASEAN bersepakat bekerjasama dengan India dalam bidang pariwisata dengan menandatangani nota kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) ASEAN-India on Tourism Cooperation dalam Forum Pariwisata ASEAN di Manado, Senin (9/1).

Kesepakatan dicapai melalui pembicaraan Wardiyatmo Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, mewakili pihak ASEAN Nikhilesh Giri, Sekretaris I Kedutaan Besar India di Jakarta mewakili India.

Wardiyatmo mengatakan kedua pihak sepakat melanjutkan hubungan pariwisata India ASEAN semakin signifikan dalam berbagai bentuk dan jaringan pariwisata mulai dari tukar menukar informasi pariwisata hingga kerjasama di bidang perhotelan.

"MoU memungkinkan kedua belah pihak untuk membuka pasar melalui promosi bersama, peningkatan sumber daya manusia pariwisata melalui aktivitas capacity building, pengembangan paket-paket wisata baru melalui kerja sama product development. Kerjasama ini saling menguntungkan dua pihak," katanya.

Ia menyebut hubungan data kunjungan wisatawan India ke ASEAN pada tahun 2010 sebesar 2.44 juta orang wisatawan atau juta wisatawan pada 2009.

Dari jumlah total kunjungan wisman ke Indonesia pada 2010 sebanyak 7.002.944, orang India menempati urutan ke 10 dengan sekitar 145 ribu orang wisatawan. Pada 2011 j umlah wisman asal India sebanyak 160 ribu orang.

Pihak India berharap MoU dapat ditandatangani oleh kesepuluh negara anggota ASEAN beserta India pada ATF Manado, mengingat kesempatan itu bertepatan dengan momentum peringatan hubungan bilateral India-ASEAN yang ke-20.

Nikhilesh Giri mengatakan menteri Pariwisata India bahkan sudah dijadwalkan datang langsung ke Manado agar dapat menandatangani MoU tersebut pada hari bersejarah tersebut.

India sebagai anggota kekuatan ekonomi baru yang bergabung dalam kelompok BRIC (Brazil Rusia India dan Cina) merupakan pemain global yang kuat sehingga ke depan merupakan mitra ASEAN yang strategis.

Secara umum sidang membahas perkembangan pariwisata baik di Indiia maupun ASEAN. Sebagai langkah untuk menarik wisatawan India untuk berku njung ke ASEAN, ASEAN Promotional Chapter on Tourism (APCT) di Mumbay sedang dalam proses penyelesaian akhir. Diharapkan pada tahun ini APCT Mumbay akan dapat beroperasi dan melaksanakan kegiatannya pada tahun ini.

Pertemuan ASEAN India Working Group selanjutnya akan dilaksanakan di Johor Baru Malaysia bulan Juni 2012. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com