Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,4 Juta Orang India Berwisata ke ASEAN

Kompas.com - 10/01/2012, 17:05 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — India dan ASEAN bersepakat bekerja sama dalam bidang pariwisata melalui pembicaraan Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Wardiyatmo, mewakili pihak ASEAN, dan Sekretaris I Kedutaan Besar India di Jakarta Nikhilesh Giri, mewakili India, dalam Forum Pariwisata ASEAN (ASEAN Tourism Forum) di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (10/1/2012).

Kesepakatan itu akan ditandatangani pada Kamis (12/1/2012) oleh Menteri Pariwisata India dan sepuluh menteri pariwisata ASEAN dalam pertemuan tingkat menteri di Manado. Penandatanganan itu bertepatan dengan momentum peringatan ke-20 hubungan bilateral India-ASEAN.

Wardiyatmo mengatakan, kerja sama ASEAN-India memungkinkan kedua pihak membuka pasar melalui promosi bersama, peningkatan sumber daya manusia pariwisata melalui aktivitas capacity building, dan pengembangan paket wisata baru melalui kerja sama product development.

Ia menyebut jumlah kunjungan wisatawan India ke ASEAN pada 2010 sebanyak 2,44 juta orang. Jumlah total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2010 sebanyak 7.002.944, orang India menempati urutan ke-10 dengan sekitar 145.000 orang. Pada 2011, jumlah wisman asal India sebanyak 160.000 orang.

India sebagai anggota kekuatan ekonomi baru yang bergabung dalam kelompok BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) merupakan pemain global yang kuat sehingga ke depan merupakan mitra ASEAN yang strategis.

Secara umum, sidang membahas perkembangan pariwisata di India ataupun ASEAN. Sebagai langkah untuk menarik wisatawan India untuk berkunjung ke ASEAN, ASEAN Promotional Chapter on Tourism (APCT) di Mumbay sedang dalam proses penyelesaian akhir.

Pertemuan kelompok kerja ASEAN-India selanjutnya akan dilaksanakan di Johor Baru, Malaysia, Juni 2012. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com