Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Bersih, Turis Pun Senang...

Kompas.com - 14/01/2012, 05:32 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, kebersihan bandara merupakan faktor utama yang sangat menentukan guna mendorong perkembangan kunjungan wisata di suatu daerah.

"Ada tiga faktor yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah yang ingin mengembangkan pariwisata, yakni kamar mandi bersih, toilet bersih, dan bandara harus bersih," kata Mari dalam seminar nasional "Maksimalisasi Potensi Pariwisata Sulut" di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Sulawesi Utara, Jumat (13/1/2012).

Mari mengatakan, kebersihan ketiga tempat tersebut sangat penting menjadi perhatian daerah karena permasalahan ini menjadi keluhan para wisatawan ketika berkunjung di beberapa daerah di Indonesia.

Sulut, menurut Menparekraf, harus menjaga ketiga tempat tersebut tetap bersih agar wisatawan merasa betah untuk terus datang berkunjung di Sulut.

Selain masalah kebersihan, Menparekraf mengatakan, perluasan jaringan penerbangan ke berbagai negara merupakan faktor kunci lainnya yang perlu diperhatikan dalam upaya mendorong kunjungan wisata meningkat tajam.

Sementara pakar ekonomi dan pariwisata Sulut, Dr Ellen Pakasi, mengatakan, pemerintah daerah harus mendorong kebersihan lokasi vital bagi wisata tetap terjaga. Dengan demikian, para turis yang datang merasa nyaman karena berada di lingkungan yang asri dah bersih. "Sulut masih perlu mendorong kebersihan di sarana wisata yang ada," kata Ellen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com