Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Siap Menampung Pensiunan Jepang

Kompas.com - 14/01/2012, 12:29 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Jepang melirik Sulut untuk sejumlah program pembangunan, terutama di bidang pariwisata. Sulawesi Utara sendiri siap menyediakan berbagai fasilitas untuk pembangunan Japanese Retirement Center sebagai alternatif tinggal bagi para pensiunan warga Jepang.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif North Sulawesi Tourism Board (NSTB) Widijanto seusai menandatangani kesepakatan dengan Presiden Asosiasi Pariwisata Kota Kyoto, Katsuhisa Fukuyama, di Hotel Novotel Manado, Sabtu (14/1/2012).

"Kami siap membangun fasilitas bagi orangtua Jepang yang ke Manado," katanya.

MOU itu menyebutkan juga, kedua pihak melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan pariwisata serta menjadi katalisator untuk menggali berbagai program dan peluang bersama.

Program tersebut antara lain dalam hal properti, kegiatan ekspor dan impor barang-barang pembangunan, serta klinik kecantikan anti dan pertanian, industri kuliner, dan lain sebagainya.

Widijanto mengatakan, kebutuhan tidak hanya berhenti pada lahan, tetapi juga segala kebutuhan mereka, seperti makanan, kesehatan, dan aktivitas sosial.

"Kita memiliki lahan yang luas, budaya yang terbuka bagi masyarakat internasional, ikan berkualitas, sayur dan buah berkualitas, serta berbagai fasilitas lainnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com