Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Udara dan Laut Masih Terganggu

Kompas.com - 17/01/2012, 05:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang berdampak pada aktivitas penerbangan dan penyeberangan, dari Kota Surabaya, Jawa Timur, ke wilayah lain. Pengelola maskapai penerbangan dan kapal penyeberangan diminta untuk waspada dan memantau informasi cuaca.

Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Juanda Trikora Harjo, Senin (16/1), menuturkan, pekan lalu, delapan pesawat dari sejumlah kota yang mestinya mendarat di Juanda terpaksa dialihkan ke Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali.

”Ketika itu sekitar pukul 17.30- 18.30 cuaca di sekitar Juanda sangat buruk sehingga pendaratan tidak dimungkinkan. Akhirnya pesawat didaratkan di Bali. Setelah cuaca membaik, penumpang kembali diterbangkan ke Juanda,” katanya.

Menurut dia, cuaca buruk masih akan terus mengancam aktivitas penerbangan di sekitar Bandara Juanda. Pasalnya, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan berlanjut hingga Februari mendatang.

Oleh karena itu, pengelola maskapai penerbangan diminta waspada. ”Informasi tentang cuaca di sekitar Bandara Juanda selalu disampaikan,” ujarnya.

Cuaca buruk juga sempat mengganggu aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Perak. Awal Januari lalu, gelombang tinggi mengakibatkan kapal roro tujuan Kalimantan tidak berani berlayar. Akibatnya, puluhan truk pengangkut kebutuhan pokok dan sayur tertahan selama 5-7 hari di pelabuhan.

Marzuki dari Humas Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, sejak awal Desember 2011, pihaknya telah menyebarkan surat edaran ke perusahaan penyeberangan. Nakhoda dan perusahaan penyeberangan diminta waspada dan tetap memperhatikan informasi cuaca dari BMKG.

Persediaan menipis

Dari Jepara, Jawa Tengah, dilaporkan, cuaca ekstrem di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, selama 10 hari lalu menyebabkan persediaan beras menipis. Stok terbatas menyebabkan harga beras naik.

Camat Karimunjawa Nuryanto mengatakan, harga beras di Karimunjawa naik Rp 150-Rp 200 per kilogram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com