Sabtu, 1 November 2014

/ Bisnis & Keuangan

Investasi di Indonesia, Jepang Salip AS

Kamis, 19 Januari 2012 | 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jepang berhasil mencatatkan diri sebagai investor asing terbesar kedua di Indonesia dengan nilai investasi mencapai 1,5 miliar dollar AS sepanjang tahun 2011. Capaian ini berada tipis di atas Amerika Serikat.

"Amerika Serikat yang tadinya tiga kuartal nomor dua disalip sama Jepang. Untuk seluruh tahun (2011) sekarang Jepang nomor dua," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Menurut Gita, investor asal Jepang mungkin termotivasi dengan posisi AS dan Korea Selatan. Di mana Korea Selatan, kata dia, untuk pertama kalinya masuk dalam posisi lima besar dalam hal penanaman modal asing (PMA) di Tanah Air.

Berdasarkan data BKPM, untuk posisi keseluruhan, Singapura menjadi investor asing terbesar di Indonesia dengan realisasi investasi mencapai 5,1 miliar dollar AS, atau porsinya 26,3 persen dari realisasi PMA tahun 2011. Jepang, AS, Belanda, dan Korea Selatan berturut-turut berada di belakang Singapura dengan realisasi investasi 1,5 miliar dollar AS (7,8 persen), 1,5 miliar dollar AS (7,6 persen), 1,4 miliar dollar AS (7 persen), dan 1,2 miliar dollar AS (6,3 persen).

"Singapura dibanding tahun sebelumnya agak menurun. Tahun 2010, kalau enggak salah, 5,4-5,5 miliar dollar AS," kata Gita yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Ia pun menyebutkan, Inggris menjadi negara yang tahun lalu keluar dari lima besar investor asing di Indonesia. Pada tahun 2010, Gita menyebutkan, Inggris sempat mencatatkan diri di posisi nomor dua.


Penulis: Ester Meryana
Editor : Asep Candra