Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

April 2012, Acara Budaya Ramaikan Tobelo

Kompas.com - 19/01/2012, 15:32 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TOBELO, KOMPAS.com - Bersamaan dengan pelaksanaan Kongres ke-IV Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara pada 19-25 April 2012, pemerintah setempat akan menggelar sejumlah acara budaya , salah satunya dimaksudkan untuk tercatat di Museum Rekor Indonesia (MuRI).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya, di Tobelo, Kamis (19/1/2012), mengatakan acara budaya yang akan digelar itu adalah kirab budaya pada tanggal 19 April, yang rencananya bakal diikuti oleh semua perwakilan komunitas adat yang ikut serta dalam kongres AMAN, ditambah lagi 23 paguyuban adat di Halmahera Utara.

Kemudian parade perahu adat Halmahera Utara atau dikenal dengan nama canga. Parade yang rencananya diikuti 1.000 perahu canga ini dimaksudkan pula agar tercatat dalam MuRI.

A cara budaya lainnya yang akan digelar pula adalah lomba makanan adat nusantara. Lomba ini pun akan diikuti semua perwakilan komunitas adat yang ikut dalam kongres AMAN.

Diperkirakan ada sekitar 3.000 orang dari seluruh nusantara yang akan datang ke Tobelo pada bulan April nanti. Selain itu, ada juga perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang rencananya akan hadir, kata Erasmus.

Dia melanjutkan, diselenggarakannya AMAN menjadi momentum untuk mempromosikan potensi pariwisata di Halmahera Utara.

Di kabupaten yang berada di bagian utara Pulau Halmahera ini terdapat 59 obyek daya tarik wisata (ODTW). Obyek-obyek wisata ini diantaranya pantai-pantai berpasir putih, obyek wisata bawah laut yang memamerkan keanekaragaman hayati bawah laut, dan peninggalan Perang Dunia kedua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com