Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capeknya Pergi ke Manado...

Kompas.com - 22/01/2012, 17:23 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Bagaimana reaksi para delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) saat ditanya berapa lama waktu yang mereka tempuh untuk sampai di Manado? Para delegasi yang menghadiri ATF di Manado 8-15 Januari 2012 berasal dari 10 negara ASEAN, termasuk para menteri dari kementerian pariwisata masing-masing negara.

Dalam pertemuan-pertemuan resmi ATF juga dihadiri delegasi dari India serta ASEAN Plus Three yaitu China, Jepang, dan Korea. Sebagian besar dari para delegasi tersebut harus menempuh perjalanan selama 10 jam untuk mencapai Manado. Berikut salah satu reaksi dari delegasi Thailand.

“Wah lama dan terasa jauh sekali. Kami menghabiskan waktu lebih dari 10 jam dari Bangkok ke Manado,” ungkap Urairatana Naothaworn dari Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand yang turut ikut bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Sombat Karuphan.

Sombat menuturkan, ia menggunakan Thai Airways dari Bangkok ke Jakarta. Lalu di Jakarta transit selama 7 jam dan dilanjutkan penerbangan dengan Garuda dari Jakarta menuju Manado selama 3 jam.

“Wakil Menteri kami sampai di Manado jam 11 malam. Kalau misalnya ada penerbangan langsung dari Bangkok ke Manado, paling lama mungkin hanya 5 sampai 6 jam,” katanya.

Senasib dengan delegasi dari Thailand, delegasi dari Laos menempuh waktu yang hampir sama. Seperti diungkapkan Bounleuane Boupha dari Kementerian Informasi, Budaya, dan Pariwisata Laos. Menteri Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata, Laos Bosengkham Vongdara memerlukan sekitar 12 jam untuk mencapai Manado.

“Menteri kami berangkat dari Laos ke Bangkok dengan pesawat Thai Airways selama satu jam, sampai di Bangkok jam 11 malam. Jadi perlu menginap semalam di Bangkok. Lalu penerbangan pagi dari Bangkok ke Jakarta 3 jam, transit beberapa jam. Kemudian Jakarta ke Manado dengan Garuda,” jelasnya.

Ia mengungkapkan jika ada penerbangan langsung, maka waktu yang ditempuh dari Vientiane, ibu kota Laos, ke Manado hanya sekitar 5 jam.

Delegasi dari Kamboja pun perlu menghabiskan waktu selama 12 jam untuk mencapai Manado. “Menteri kami dari Kamboja ke Singapura selama 2 jam dengan Singapore Airlines, lalu transit selama 2 jam. Singapura ke Jakarta selama 2 jam, tambahan transit 3 jam. Dari Jakarta ke Manado 3 jam,” jelas Neb Samouth dari Kementerian Pariwisata Kamboja yang berada di satu pesawat dengan Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon.

Sementara itu, delegasi dari Jepang perlu waktu sekitar 12 jam. Seperti Fuchigami Joukei dari ASEAN-Japan Centre, menggunakan rute Jepang-Singapura-Manado. Singapura memang bisa menjadi alternatif hub menuju Manado selain Jakarta. Maskapai Silk Air melayani rute Singapura langsung ke Manado.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com