Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cap Go Meh Diharapkan Tarik Wisman ke Pontianak

Kompas.com - 02/02/2012, 15:21 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pengurus Yayasan Bhakti Suci Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat berharap, perayaan Cap Go Meh 2563 yang jatuh pada, Senin (6/2/2012) dapat menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke kota itu.

"Kami berharap perayaan Cap Go Meh bisa menarik wisman untuk datang ke Pontianak sehingga dunia wisata di Kalbar bisa lebih meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya," kata Pengurus YBS, Yo Nguan Cua di Pontianak, Kamis (2/2/2012).

Ia menjelaskan, agar lebih menarik lagi, pihaknya juga menggelar karnaval budaya dari multietnis, diantaranya dari budaya Melayu, Dayak, Jawa, Bugis, Madura dan lain-lain dalam memeriahkan perayaan Cap Go Meh tahun 2012.

Yo Nguan Cua yang juga panitia perayaan Cap Go Meh 2012 menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan tujuh replika naga dari Yayasan Pemadam Kebakaran (YPK). Ketujuh naga itu, masing-masing dari naga milik YPK Panca Bhakti, YPK Budi Pekerti, YPK Khatulistiwa, YPK Merdeka, YPK Siaga, dan YPK BPAS Siantan, serta satu naga milik Yayasan Bhakti Suci.

Panitia Cap Go Meh tahun 2012 telah menyusun serangkaian jadwal ritual arakan naga tersebut, mulai Sabtu (4/2/2012) akan dilakukan ritual naga "buka mata" di Kelenteng Kwan Tie Bio di Jalan Diponegoro, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Kemudian, pada Minggu (5/2/2012) para naga tersebut diagendakan melakukan kunjungan kepada donatur yang akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut Yo, puncak kegiatan pada Senin (6/2/2012) atau pada hari Cap Go Meh (15 hari setelah Imlek) yang akan dipusatkan di Jalan Diponegoro di depan Kelenteng Kwan Tie Bio.

Kemudian para naga-naga tersebut diarak keliling kota sambil membersihkan roh jahat di kawasan Pecinan, yakni Jalan Gajah Mada, kemudian dilanjutkan di Jalan Hijas, Tanjungpura dan selesai di Jalan Diponegoro. "Pada malamnya, naga-naga itu akan kembali melakukan pawainya lagi di depan Kantor Wali Kota Pontianak dengan menggunakan lampu hias," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Barat, Yomin Tofri memprediksi jumlah wisman ke Kalbar akan jauh meningkat pada Februari seiring dengan perayaan Cap Go Meh 2563 pada tanggal 6 Februari 2012 di Kota Pontianak dan Singkawang.

Data BPS Kalbar mencatat jumlah wisman yang berkunjung ke provinsi itu sepanjang Desember 2011 mencapai 4.042 orang atau mengalami kenaikan 37,06 persen dibanding bulan sebelumnya 2.949 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com