Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Bunga Bangkai Mekar di Mekarsari

Kompas.com - 04/02/2012, 15:58 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

CILEUNGSI, KOMPAS.com - Tanaman langka yaitu bunga bangkai (Amorphophallus titanum) akan mekar di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Tempat wisata yang juga merupakan pusat konservasi dan edukasi tanaman tropis tersebut diprediksi akan ramai dikunjungi saat bunga bangkai mekar.

Bunga bangkai berukuran yang sangat besar dan memiliki spadik kokoh di tengah bunga sebagai pelekat serbuk sari. Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, bunga ini diprediksi akan mekar sempurna antara tanggal 4-7 Februari 2012 pada pukul 21.00 sampai dengan 23.00 WIB. Pada waktu tersebutlah aroma tak sedap dari bunga bangkai akan tercium hingga radius 50 meter mulai dari pukul 18.00 WIB.

Saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (4/2/2012), Public Relations Manager Taman Wisata Mekarsari, Putri Ayu Pratami menyebutkan bahwa pada hari ini bunga titanum belum mekar. Pihaknya memperkirakan mekar terjadi antara tanggal 5-7 Februari 2012.

Ia menambahkan saat ini pengunjung dapat menikmati keunikan bunga bangkai di Gedung Graha Krida Sari (GKS). Bunga titanum ini berumur 6 tahun dan ini adalah kali kedua titanum mekar di Taman Wisata Mekarsari.

"Keunikan lain bunga bangkai ini ialah warna mahkotanya tidak mudah diprediksi, bisa berwarna pink, merah atau marun. Saat ini warna mahkota yang terlihat berwarna ungu kegelapan dengan spadik bunga warna kuning terang," ujar Putri.

Pada tahun 2002 tim peneliti Taman Wisata Mekarsari (TWS) menemukan pecahan umbi bunga bangkai di area hutan di daerah Jambi. Umbi bunga lalu dibawa ke Laboratorium Biosari TWM dan diperbanyak melalui teknik kultur jaringan.

Setelah menunggu 8 hingga 12 bulan kemudian, maka muncul bibit-bibit tanaman bunga bangkai yang siap dipindahkan ke media tanam di lapangan. Bibit bunga titanum lalu ditanam di dalam pot. Di sinilah kelebihan lain dari bunga titanum yaitu bisa tumbuh di dalam pot.

Bunga titanum memerlukan waktu tumbuh sekitar 2-3 tahun dari masa vegetatif hingga generatif, tinggi bunga titanum saat ini 140 centimeter. Diperkirakan tinggi bunga akan terus bertambah hingga 2 meter dengan perkiraan diameter mahkota bunga yang akan mekar mencapai 100 centimeter.

“Tujuan kami memperbanyak bunga bangkai ini adalah sebagai upaya penyelamatan plasma nutfah, karena bunga ini sangat jarang ditemukan mengingat faktor pertumbuhannya bukan hal yang disengaja melainkan faktor alam," ungkap Putri.

Saat ini, Taman Wisata Mekarsari memiliki sekitar 600 koleksi bunga bangkai yang diambil dari daerah asalnya di Provinsi Jambi. Bunga bangkai yang pernah mekar di Taman Wisata Mekarsari memiliki deskripsi yang bervariasi. Rata-rata memiliki ketinggian mencapai 170-230 centimeter.

Setelah merekah sempurna, secara perlahan-lahan bunga akan memulai proses layu hingga layu total. Namun bukan berarti bunga tersebut mati, karena umbi di dalam tanah akan mengeluarkan batang dan daun yang baru sebagai awal dari babak vegetatif.

Pada satu bunga bangkai mampu menghasilkan buah sebanyak 700 hingga 1000 biji. Buah yang berwarna merah cerah dan berukuran sedikit lebih beasr dari buah Melinjo ini dapat disemai untuk menghasilkan bibit tanaman baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com