Minggu, 31 Agustus 2014

/ Travel

Fasilitas Wisata Pulau Dodola Kurang Terawat

Senin, 6 Februari 2012 | 15:32 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Fasilitas obyek wisata Pulau Dodola di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) tak terurus akibat kurangnya perhatian Pemkab setempat dalam menjaga dan melestarikan fasilitas tersebut. "Pulau Dodola merupakan salah satu obyek wisata di Pulau Morotai, sehingga dalam acara Sail Morotai akan dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi andalan bagi tamu-tamu yang akan datang di kabupaten itu," kata salah seorang pemerhati pariwisata di Malut, Syaifuddin di Ternate, Senin (6/2/2012).

Menurut Syaifuddin, Pulau Dodola, sebagai salah satu tempat wisata andalan Pulau Morotai  seringkali menjadi sasaran empuk oknum tidak bertanggung jawab dengan mencuri berbagai fasilitas yang tersedia di obyek wisata tersebut.

Mestinya, lanjut Syaifuddin, Pemkab Morotai harus menjaga dan merawat pulau terindah di Halmahera itu dengan menempatkan sejumlah petugas, agar fasilitas yang ada di obyek wisata ini bisa tetap dilestarikan.

Sementara itu, Kadis Parawisata Pulau Morotai, Daniel Andea ketika dikonfirmasi berjanji akan menempatkan petugas di Pulau Dodola untuk menjaga aset wisata di pulau andalan Kabupaten Morotai itu. "Saya akan segera menempatkan petugas di Dodola karena dari berbagai informasi yang diperoleh, fasilitas di Pulau Dodola sering dirusak dan dicuri," ujarnya.

Untuk itu, Daniel mengimbau kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya di daerah ini agar mendukung pelaksanaan Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai pada Sepetember 2012 dengan cara menjaga dan melestarikan obyek wisata di Pulau Morotai.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: