Rabu, 17 September 2014

News / Travel

20 Tempat Wisata Belanja di Jakarta

Rabu, 8 Februari 2012 | 17:12 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com - Apakah daya tarik Jakarta dari sisi pariwisata? Selain memiliki Kota Tua Jakarta dan kekayaan wisata sejarah, Jakarta dipandang sebagai destinasi wisata belanja. Berikut beberapa tempat di Jakarta bagi para pengemar wisata belanja.

Busana Muslim di Pasar Tanah Abang. Aneka produk garmen dapat Anda beli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada beragam pilihan busana Muslim dijual di tempat ini, mulai dari jilbab, atasan lengan panjang, kerudung, sampai gaun cantik untuk Muslimah.

Untuk para pria, aneka baju koko dengan tren busana terbaru tersedia di tempat ini. Biasanya para pembeli memborong pakaian dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga grosir. Namun Anda bisa saja membelinya dalam jumlah kecil. Selain busana Muslim, kaus sampai baju batik juga dapat Anda temukan di Pasar Tanah Abang.

Baju Bekas di Pasar Senen. Pasar Senen di Jakarta Pusat, terkenal sebagai tempat berburu baju bekas berkualitas. Baju-baju bekas yang dijual di sini tak sedikit yang merupakan barang impor.

Ibarat sedang berburu harta karun, di tengah padatnya pasar, Anda bisa saja menemukan baju-baju bermerek ataupun kualitas impor. Jeli saja saat berbelanja, sebab baju yang terlihat kumel dan dengkil bisa jadi malah masih bagus, hanya perlu dicuci saja.

Rata-rata baju yang dijual mulai dari Rp 10.000 saja. Namun ada pula kaos yang dijual dengan harga di bawah Rp 10.000. Bahkan untuk syal dan beberapa benda kecil lainnya bisa dihargai Rp 1.000 sampai Rp 5.000. Pintar-pintar Anda menawar saja.

Batik di Thamrin City. Seiring dengan makin banyaknya orang yang mengenakan batik, pusat-pusat perbelanjaan batik di Jakarta pun menjamur. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli baju batik adalah Pusat Batik Nusantara di Thamrin City, Jakarta Pusat.

Di sini terdapat banyak pedagang yang berjualan aneka busana batik baik untuk perempuan maupun pria. Anda bisa membeli batik tulis maupun batik cetak. Batik-batik tersebut ada yang berasal dari Cirebon, Pekalongan, Yogyakarta, sampai Madura.

Kain di Pasar Mayestik. Ada banyak pusat-pusat tekstil di Jakarta, salah satunya adalah Pasar Mayestik di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai pilihan kain mulai dari satin sampai katun bisa Anda temukan di sini.

Terdapat kain-kain impor maupun lokal dengan variasi harga yang bermacam-macam. Jika beruntung, Anda dapat membeli dengan harga diskon.

Selain kain, tempat ini memang ibarat surga para pecinta kerajinan dan menjahit. Aneka aksesoris dan perlengkapan menjahit bisa Anda temukan, mulai dari kancing, renda, dacron, sampai manik-manik.

Sepatu di Pasar Taman Puring. Taman Puring memang terkenal sebagai tempat berburu aneka sepatu. Walau harganya tergolong terjangkau, namun kualitasnya tidak diragukan lagi. Pasar ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Masuk ke area pasar, sepatu-sepatu bergelantungan di kios-kios pedagang. Sepatu olahraga seperti sepatu bola dan sepatu basket dengan mudah dapat Anda temukan di pasar ini.

Busana Desainer Ternama di Grand Indonesia. Jika Anda pikir hanya turis-turis negeri jiran yang melancong ke Indonesia khusus untuk berburu barang bermerek, pikir kembali. Nyatanya, banyak wisatawan domestik terutama dari daerah-daerah luar Pulau Jawa yang khusus datang ke Jakarta untuk mendatangi mal-mal mewah di ibu kota.

Mereka hendak berburu branded goods atau barang bermerek dari desainer-desainer ternama dunia. Biasanya yang dicari adalah produk fashion seperti merek Gucci, Burberry, sampai Louis Vuitton.

Salah satu mal favorit untuk berburu barang bermerek adalah Grand Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Selain Grand Indonesia, beberapa mal yang menjual barang bermerek dari desainer ternama adalah Plaza Indonesia, Senayan City, Pacific Place, Mall Kelapa Gading, dan mal-mal lainnya.

Aksesoris di Pasar Asemka. Inilah surganya aksesoris dan suvenir. Anda bisa menemukan aneka aksesoris kecil sampai suvenir pernikahan. Sebut saja seperti aksesoris rambut mulai dari jepit rambut sampai ikat rambut.

Lalu aksesoris manik-manik dan perlengkapan untuk kerajinan. Sementara suvenir pernikahan sampai suvenir untuk perusahaan pun dapat Anda beli di tempat ini. Pasar Asemka terletak di Pinangsia, Jakarta Barat.

Parfum di Jalan Raya Condet. Anda penggemar parfum-parfum bermerek? Jika berkantung tipis, Anda mampir saja ke Jalan Raya Condet, Jakarta Timur. Di sepanjang jalan tersebut bisa Anda jumpai toko-toko penjual parfum.

Harganya pun relatif murah dengan beragam aroma yang mirip dengan parfum bermerek. Anda tak terbiasa menggunakan parfum dan ingin mencoba membelinya, tanyakan saja pada pedagang beberapa contoh parfum yang biasa laku dibeli oleh pengunjung. Siapa tahu ada aroma yang Anda suka.

Mainan di Pasar Gembrong. Anak-anak pasti sangat suka dibawa ke pasar satu ini. Ya, inilah surganya anak-anak. Pasar Gembrong terkenal sebagai tempat berburu mainan. Mainan untuk anak perempuan seperti peralatan masak-masakan sampai boneka. Lalu mainan untuk anak laki-laki seperti mobil dan robot. Ada mainan konvensional sampai elektronik seperti mobil remote control.

Di sini juga terdapat mainan untuk bayi maupun mainan untuk anak yang mulai menginjak usia remaja. Ada pula mainan edukasi seperti lilin maupun puzzle. Lokasi pasar ini ada di Jalan Basuki Rahmat, Prumpung, Jakarta Timur.

Komputer di Mangga Dua. Jika Anda berencana membeli komputer, kunjungilah kawasan Mangga Dua di Jakarta Utara. Apalagi saat ini netbook dan notebook mulai berjamur. Anda dapat membelinya di Mangga Dua Mall dan Orion Mall. Ada beragam pilihan spesifikasi produk maupun harga. Kunjungilah beberapa toko sebelum memutuskan membeli.

Selain komputer dan peralatan penunjang lainnya, Mangga Dua juga terkenal sebagai tempat berburu aneka produk garmen. Sementara WTC Mangga Dua dikenal sebagai bursa otomotif.

Telepon Seluler di Roxy Mas. Hampir semua orang di Jakarta akan menyarankan seseorang yang ingin membeli telepon seluler di ITC Roxy Mas di Jalan KH Hasyim Ashari, Cideng, Jakarta Pusat. Di tempat ini ada ratusan kios yang menjual telepon seluler dari beragam merek dan tipe produk.

Harganya bersaing antara satu toko dengan toko lainnya. Namun, sebelum datang ada baiknya Anda mengetahui harga pasaran dari barang yang Anda incar. Lalu jangan segan untuk menawar harga.

Barang Antik di Jalan Surabaya. Jalan Surabaya yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, sudah dikenal sejak dahulu sebagai rumah bagi kios-kios barang antik. Kios-kios ini berjejeran dan menampilkan aneka ragam barang antik yang unik maupun sudah langka untuk ditemukan.

Tak heran, wisatawan mancanegara termasuk yang sering datang ke kawasan ini untuk berburu barang antik maupun sekadar melihat-lihat. Anda akan sering berjumpa turis asing sedang pelesiran sambil melongok ke kios-kios ini.

Di Jalan Surabaya, Anda bisa menemukan jam-jam kuno, patung-patung antik, sampai kamera jadul. Bahkan Anda bisa saja menemukan perangko-perangko tua di salah satu kios.

Batu Akik di Pasar Rawabening. Anda penggemar batu permata dan batu akik? Anda bisa kunjungi Pasar Rawabening yang berada di Jatinegara, Jakarta Timur. Aneka batu permata seperti safir hingga zamrud.

Selain batu permata dan batu akik, terdapat kios-kios yang menjual keris dan barang pusaka lainnya. Saat masuk ke tempat ini, warna-warni kilau menggoda mata. Karena yang dijual batu mulia, tentu saja harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Namun ada pula batu-batu dengan harga relatif murah.

Hanya saja, Anda perlu jeli dalam memilih batu permata, apakah asli atau campuran. Ada baiknya Anda banyak bertanya pada para pedagang dan berkeliling di kios-kios yang ada di pasar ini. Atau, bawalah kenalan yang memang mengerti tentang batu pertama.

Karya Seni di Pasar Seni Ancol. Ibarat galeri seni yang hadir dalam lapak-lapak. Atau, laksana Ubud yang nyasar ke Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. Di Pasar Seni Ancol, Anda dapat menemukan berbagai buah karya seniman-seniman Indonesia.

Karya seni yang dapat ditemukan mulai dari yang tradisional hingga kontemporer. Aneka lukisan, patung, dan seni ukir sangat menarik minat para kolektor seni. Tak sedikit turis asing yang sengaja datang ke Ancol hanya untuk berburu karya seni di tempat ini.

Berbagai karya seni tersebut ada yang terbuat dari media kayu, bambu, kuningan, keramik, hingga kulit. Ukiran jepara, wayang, sampai topeng pun dapat Anda beli di Pasar Seni Ancol.

Ikan Segar di Pasar Muara Angke. Bersiaplah untuk becek-becekan dan menghirup bau amis ikan saat mampir ke Pasar Ikan Muara Angke, Jakarta Utara. Banyak pelancong yang sengaja datang ke pasar ikan tersebut malah untuk berburu foto.

Jika tak terbiasa mengenal ikan-ikan yang ada di perairan Laut Jawa, mungkin Anda akan kaget melihat aneka ikan yang dijual di pasar ini. Hitung-hitung Anda bisa belajar mengenal ikan-ikan laut. Sebut saja dari ikan tongkol, pari, ikan baronang, ikan kakap, cumi, sampai udang peci.

Lalu aneka kerang seperti kerang dara dan kerang macam. Lobster pun dapat Anda temukan di pasar ini. Nah, Pasar Ikan Muara Angke ini sebenarnya lebih cocok untuk wisata kuliner. Sebab, terdapat Pusat Jajanan Serba Ikan di kawasan ini. Anda harus membeli ikan segar terlebih dahulu di pasar, baru kemudian dimasak di pusat jajanan tersebut.

Bunga Segar di Pasar Bunga Rawa Belong. Inilah surganya bunga-bunga segar. Berada di kawasan Pasar Bunga Rawa Belong yang berada di Jalan Sulaiman, Jakarta Barat, mata Anda seketika dimanjakan oleh warna-warni nan cantik dari bunga-bunga potong yang dijual para pedagang.

Bunga-bunga yang dijual mulai dari tanaman lokal seperti bunga berasal dari Lembang, Sumatera, Malang, dan Sukabumi. Selain itu, terdapat pula bunga impor seperti tulip. Ada lebih dari 100 pedagang yang menjajakan bunga potong seperti mawar, melati, anggrek, lili, sampai krisan.

Aneka Hewan di Pasar Burung Jatinegara. Namanya memang Pasar Burung. Namun saat Anda bertandang ke pasar ini, Anda akan menjumpai aneka hewan. Awalnya memang pasar ini khusus menjual burung-burung peliharaan seperti merpati dan dara.

Sejak tahun 1990-an, pasar ini tidak hanya menjual burung, seperti kelinci, kucing, dan hamster. Kelinci maupun kucing peliharaan yang dijual di pasar ini ada yang merupakan jenis lokal sampai jenis anggora yang berbulu lebat.

Lalu ada aneka ikan hias dan kura-kura. Namun, jangan kaget jika Anda bertemu dengan ular. Ya, di sini pun Anda bisa menemukan ular, musang, dan tupai.

Mebel di Jalan Kalimalang. Salah satu sentra perajin mebel di Jakarta berada di sepanjang Jalan Kalimalang, Jakarta Timur. Jika Anda terjebak kemacetan, maka dengan mudah Anda mengenali para perajin yang sibuk mengolah rotan dan kayu.

Harganya yang relatif murah dan dapat memesan sesuai keinginan. Umumnya bahan yang dipakai adalah rotan dan kayu peti kemas. Anda bisa memesan dan membeli mebel-mebel seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, hingga ranjang bayi.

Lampu Hias di Pasar Kenari Mas. Pasar Kenari di Jakarta Pusat, memang terkenal sebagai tempat berbelanja produk-produk listrik seperti kabel sampai lampu. Namun, di Pasar Kenari Mas atau dikenal sebagai Pasar Kenari Baru, Anda bisa membeli lampu-lampu hias dengan harga miring.

Ruang makan dengan chandelier atau lampu gantung yang cantik bukan lagi impian. Di pasar ini, Anda bisa membelinya dengan harga relatif murah. Hanya saja Anda harus tetap pintar-pintar menawar.  Pasar Kenari Mas berada di sebuah gedung ber-AC.

Keramik di Pasar Ular. Piring keramik dengan motif lukisan ala China maupun Eropa tidak harus Anda beli jauh-jauh ke luar negeri. Cukup mampir ke Pasar Ular Permai, Tanjung Prio, Jakarta Utara. Di sini, Anda bisa membeli aneka barang pecah belah seperti keramik, kristal, maupun aneka peralatan makan seperti gelas dan piring. Harganya tentu jauh lebih murah daripada di toko-toko yang berada di mal.

Anda bisa membeli guci dengan harga mulai dari Rp 50.000. Serta aneka wadah untuk menyajikan masakan. Beberapa toko juga menjual lampu-lampu hias dari kristal.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana