Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamburger dan Steak Bandeng Cabut Duri, Nikmat...

Kompas.com - 11/02/2012, 08:20 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Makan hamburger dan steak daging, bagi kita sudah biasa. Tapi pernahkah Anda makan hamburger dan steak dari daging ikan cabut duri? Di Kendal Jawa Tengah, tepatnya di rumah makan Tirto Arum, menyajikan hidangan lezat itu.

Bila Anda sempat melintas di kota Bahurekso yang berdekatan dengan Semarang ini, bisa mampir dan mencoba mencicipinya. Namun harus cepat, karena peminatnya banyak dan seringkali habis bila menjelang sore.

Menurut direktur rumah makan Tirto Arum, Utomo, hamburger dan steak dari daging bandeng cabut duri baru ada di kota Kendal. Oleh sebab itu banyak peminatnya. Apalagi rasanya lebih lezat. "Ini ide saya, karena bandeng mau dijadikan ikon kota Kendal," kata Utomo.

Cara membuat hamburger dari daging bandeng cabut duri, seperti membuat hamburger dari daging sapi atau kerbau dan lainnya. Daging harus diblender halus kemudian diselipkan di sela-sela roti, lalu diberi daun sawi, saos dan sebagainya. Demikian juga dengan cara membuat steak daging bandeng tanpa duri. "Tapi ikan bandengnya harus dicabuti bersih dulu. Sedang tambahan bumbu, itu rahasia perusahaan," kata Utomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com