Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maros Kembangkan Tiga Jenis Obyek Wisata

Kompas.com - 12/02/2012, 18:54 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan mengembangkan tiga jenis obyek wisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) meliputi wisata alam, wisata sejarah dan agro wisata, dengan prioritas wisata alam air terjun Bantimurung yang menjadi primadona.

"Maros memiliki sedikitnya delapan obyek wisata alam yang cukup menarik, namun baru sebagian yang dikembangkan, seperti obyek wisata alam air terjun Bantimurung, Goa Pattunuang, Bulu’Sipong, Bonto Somba, Rea Toa. Lerang Panninge, Pantai Kuri dan Cagar Alam  Karaenta," kata Bupati Maros, Hatta Rahman, Sabtu (11/2/2012).

Sementara untuk obyek wisata lainnya adalah wisata sejarah meliputi, taman pasejarah Leang-leang, situs prasejarah Leang Akkarrasa Rammang-rammang, kompleks Makam Kassi Kebo, kompleks Makam Karaeng Simbang, bangunan pertahanan Jepang, pendopo Pallantikang Karaeng Marusu, dan rumah adat Karaeng Loe Ripakere.

Selain itu, Maros juga memiliki sejumlah obyek wisata agro masing-masing, Taman Safari Pucak, Kawasan Agro Wisata Pucak, dan berbagai jenis Makanan tradisional yang memiliki citarasa khas.

Menurut Hatta, untuk obyek wisata alam Bantimurung akan dikembangkan menjadi kawasan wisata bertaraf internasional dengan membangun sejumlah fasilitas di dalam maupun di luar kawasan berupa hotel, lapangan golf, dan pelataran parkir, sehingga semua kendaraan tidak lagi masuk dalam kawasan wisata yang juga menjadi habitat kupu-kupu tersebut.

Hatta menambahkan, pengunjung yang datang ke obyek wisata alam air terjun Bantimurung akan diangkut dengan bus angkutan wisata yang disediakan pengelola untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan sambil menikmati indahnya panorama obyek wisata andalan Sulsel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com