Jumat, 21 November 2014

/ Travel

Sambil Pelesir Sekaligus Belajar Membatik

Senin, 13 Februari 2012 | 11:08 WIB

KOMPAS.com – Wisata ke pantai atau mal sudah biasa kita lakukan. Nah, cobalah mencari alternatif wisata lain agar liburan pun tak terasa monoton. Konsep edukasi pada saat liburan dapat membuat wisata lebih bermanfaat. Salah satu kegiatan wisata yang bisa Anda coba adalah belajar membatik. Selain dapat membuat kita cinta akan budaya batik Indonesia kita juga dapat ilmu bagaimana cara membuat batik.

Indonesia yang mempunyai beragam batik, selalu menyediakan tempat-tempat untuk kursus batik bagi pemula maupun profesional. Anda bisa juga mencoba kursus kilat untuk sekadar berkenalan dengan batik. Berikut tempat-tempat belajar batik.

Museum Tekstil Jakarta. Di Museum Tekstil Jakarta, pengunjung bisa melihat keindahan corak batik dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membatik. Museum ini berlokasi di Jl KS Tubun No 4, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Di sini tersedia workshop membatik. Mulai dari proses menggambar batik, mencanting, hingga proses mewarnai kain batik. Biaya untuk kursus kilat dan kursus lanjuta berbeda. Anda bisa memulai dengan membuat batik di sapu tangan.

Sanggar Jawa Jawi Java, Jakarta. Sanggar Jawa Jawi merupakan sanggar budaya yang juga menyediakan program belajar membatik. Di sini tersedia beragam kelas batik seperti mulai dari dasar hingga profesional.

Ada beberapa kelas seperti Kelas Batik, Kelas Intermediate, Kelas Advance, dan One Day Course. Untuk sekadar berkenalan dengan teknik membatik, Anda bisa memulainya dengan mengambil kelas One Day Course.

Museum Layang-layang, Jakarta. Walau museum tersebut memamerkan aneka koleksi layang-layang, museum ini juga memberikan program belajar membatik. Museum terletak di Jl H Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Hanya saja, sebaiknya Anda datang dalam berkelompok. Karena workshop membatik diberikan untuk minimal 10 orang. Biaya kursus kilat membatik tersebut dikenakan harga mulai dari Rp 35.000.

Museum Batik Yogyakarta. Yogyakarta memang salah satu daerah di Jawa yang identik dengan batik. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar batik di Yogyakarta. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi adalah Museum Batik Yogyakarta.

Museum yang terletak di  Jl Dr Soetomo 13-A, Yogyakarta, menawarkan paket belajar membatik secara kilat ataupun yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya per jam atau per paket untuk lima pertemuan.

Batik Rosso, Yogyakarta. Beberapa desa wisata di daerah Yogyakarta biasanya menawarkan praktek membatik. Begitu pun dengan galeri-galeri batik. Salah satunya adalah Batik Rosso di Jalan Wonosari, Bantul, Yogyakarta.

Galeri batik tersebut menawarkan pengunjung untuk belajar membatik. Selain itu, pengunjung dapat melihat langsung proses membatik sampai penjemuran. Juga proses pembuatan pewarna alami yang dipakai dalam pembuatan kain batik.

Kampung Batik Kauman, Solo. Banyak sekali tempat-tempat  yang bisa Anda kunjungi untuk berwisata batik di Solo. Di Solo terdapat 2 kampung batik yang sangat terkenal, yakni Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Kampung Batik Kauman merupakan kampung batik yang terletak tak jauh dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Di tempat ini, pengunjung bisa belajar bagaimana cara membatik. Selain bisa belajar menggoreskan canting bermalam di atas kain, kita juga bisa belajar tentang beraneka ragam batik dan sejarahnya.

Terdapat dua tempat favorit yang biasa dikunjungi saat singgah di Kampung Batik Kauman. Kedua tempat itu adalah Rumah Batik Soga dan Batik Kaoeman. Letak antara Batik Soga dengan Batik Kaoeman sangat berdekatan, sekitar 5 menit berjalan kaki.

Hasan Batik, Bandung. Di Bandung juga ada tempat untuk belajar membatik. Salah satu tempat belajar belajar membatik yang terkenal di Bandung adalah Hasan Batik Bandung.

Hasan Batik terletak di Jl Cigadung Raya Timur No 133 Bandung. Di sini terdapat workshop dan paket kursus membatik. Workshop membatik menyediakan paket-paket yang bisa dipilih dengan waktu berlangsung selama 2-3 jam.

Sanggar Batik Katura, Cirebon. Cirebon memiliki motif batik khas tersendiri. Jika tertarik mengenal lebih dalam Batik Cirebon termasuk belajar membatik, Anda bisa mengunjungi daerah Trusmi di Kecamatan Plered, Cirebon.

Di sana Anda akan menemukan Sanggar Batik Katura, selain berbelanja batik khas Cirebon di tempat ini, Anda bisa minta diajarkan teknik membatik. Tempat ini biasa menerima rombongan wisatawan yang ingin workshop kilat membatik.

Kampung Batik Semarang. Ingin belajar proses pembuatan batik khas Semarang? Anda bisa mengunjungi Kampung Batik Semarang yang berada dekat dengan Bundaran Bubakan, Semarang. Di sini, pengunjung akan menemukan banyak tempat produksi batik rumahan. Adapula tempat memamerkan batik dan tempat workshop bagi pengunjung untuk belajar membatik.


Penulis: Endang
Editor : I Made Asdhiana