Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintas Selatan Trans-Kalimantan Semakin Ramai

Kompas.com - 14/02/2012, 10:42 WIB
Defri Werdiono

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com — Semakin singkatnya waktu tempuh dari Pontianak-Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sejauh 100 kilometer menyebabkan arus kendaraaan yang melalui ruas itu semakin ramai. Saat ini tidak hanya kendaraan pribadi dan angkutan umum yang lewat, tetapi juga bus antarnegara yang menuju Serawak.

Pejabat Pembuat Komitmen 04 Pontianak-Tayan, Balai Pelaksana Jalan Wilayah VII, Suryadiono, dalam rangka Road Show TransKalimantan Lintas Selatan, Selasa (14/2/2012), menuturkan, pegguna jalan mulai ramai sejak tersambungnya ruas jalan sepanjang 30,5 kilometer di Lintang Batang-Subah. Jalan dibangun atas paket dari Enrip sejak tahun 2009. ”2010 sudah mulai bisa dipakai,” ujarnya.

Sebelum terhubung, jalur ini jarang dilalui kendaraan, apalagi jika hari mulai gelap. Kondisi jalan sendiri masih berupa timbunan material batu dengan lubang di sana-sini. Akibatnya, masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan umum harus memutar melalui jalur Sosok, Ngabang, Anjungan, Sungai Pinyuh, baru Pontianak, dengan waktu tempuh hampir 10 jam.

Selain jumlah kendaraan yang semakin banyak, di sejumlah titik juga mulai muncul permukiman dan tempat usaha baru. ”Sebelumnya orang tidak mau tinggal di sini. Sebagian besar masih belantara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com