Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Bunga Rawa Belong di Hari Valentine

Kompas.com - 14/02/2012, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang ingin melihat suasana unik pasar di hari Valentine di pasar bunga? Datanglah ke pasar bunga di Rawa Belong, Jakarta Barat. Hanya satu hari dalam satu tahun setiap tanggal 14 Februari pada hari Valentine, di sepanjang Jalan Sulaiman di Pasar Bunga Rawa Belong banyak dijumpai pedagang kebutuhan kado Valentine mulai aneka bunga, boneka, dan hiasan lainnya.

Harga setangkai bunga mawar mulai harga Rp 15.000 untuk yang  berwarna merah, pink dan putih. Khusus warna biru dan ungu dijual dengan harga agak mahal yakni Rp 40.000 karena bunganya langka atau bunga impor.

Setangkai bunga mawar sudah dikemas dalam plastik yang sudah dihias rapi dan pembeli bisa langsung memberikan bunga tersebut kepada kekasihnya tanpa dihias lagi.

Harga bunga mawar memang melonjak pas Valentine karena kebutuhan meningkat. Di hari biasa cukup Rp 10.000 untuk setangkai bunga mawar. Khusus aneka boneka yang sudah dihias dalam aneka kemasan plastik dan aksesoris dijual dengan kisaran harga mulai Rp 50.000 sampai Rp 200.000 tergantung besar kecilnya boneka.

Paling laku adalah boneka jenis beruang yang berwarna pink mulai ukuran kecil sampai besar bentuknya lucu-lucu dan sangat bagus diberikan kado buat pasangan yang akan memberikan kado buat kekasihnya. Boneka-boneka tersebut sudah rapi dikemas dalam plastik denga hiasan aneka bunga dan aksesoris.

Kalau kita jalan-jalan di sepanjang Jalan Sulaiman setiap tanggal 14 Februari akan melihat pemandangan unik banyak penjual balon valentine, bunga mawar, boneka, aneka karangan bunga berbentuk hati berjejer di sepanjang jalan tersebut.

Suasana itu hanya terjadi setiap tahun sekali. Pedagang di Pasar Rawa Belong sangat optimis perdagangan pernak pernik kebutuhan kado valentine laku dan bunga mawar dalam kemasan akan habis hanya sehari pas di hari Valentine saja.  (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com