Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Eropa Berburu Matahari di Indonesia

Kompas.com - 14/02/2012, 18:46 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Eropa. Sehingga, walau Eropa mengalami krisis ekonomi, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Eropa ke Indonesia tetap mengalami pertumbuhan.

"Tapi kalau kita bagi Eropa, yang benar-benar krisis itu Yunani, Italia, Spanyol. Tapi masyarakatnya sudah terlanjur kaya, yang krisis pemerintahnya. Mereka saat berlibur mengurangi iya, tapi tidak bisa menghilangkan," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (14/2/2012).

Misalnya, lanjut Sapta, wisman yang berlibur jangka panjang menjadi pendek, atau tadinya berlibur di Indonesia selama dua minggu menjadi hanya satu minggu.

"Atau tadinya menginap di bintang 5 jadi menginap di bintang 4. Saya ke pameran di Eropa, demand-nya tetap tinggi ke Indonesia," kata Sapta.

Sapta menuturkan bagi masyarakat Eropa, liburan sudah menjadi bagian hidup. Mereka memiliki kebiasaan untuk merasakan panasnya matahari saat musim dingin. "Pengalaman di tahun 2008 saat krisis ekonomi global, pariwisata kita tetap naik," ujar Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com