Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dikerahkan untuk Tim Penertiban Register 45

Kompas.com - 29/02/2012, 17:39 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MENGGALA, KOMPAS.com - Seiring berakhirnya tenggat waktu yang diberikan kepada warga perambah yang menguasai hutan Register 45 Mesuji di Sungai Buaya, Lampung, Pemerintah Kabupaten Mesuji mulai mengerahkan kekuatan untuk kegiatan penertiban.

Tidak tanggung-tanggung, pengerahan ini melibatkan warga. Berdasarkan informasi yang disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Lampung Anang Prihantoro, Rabu (29/2/2012), dirinya menerima pengaduan keluhan dari kepala-kepala kampung yang dimintai Pemkab Mesuji mengenai pengerahan massa terkait upaya penggusuran di Register 45.

"Kepala-kepala desa mengeluh (dimintai bantuan pengerahan massa), namun tidak berdaya untuk menolak keinginan Pemkab," tutur Anang.

Disebut-sebut, Pemkab meminta setiap kampung mengerahkan sekitar 50 orang untuk membantu penertiban. Ia pun sangat menyayangkan upaya Pemkab ini. Menurutnya, tindakan ini berpotensi memperkeruh situasi.

"Ini malah berpotensi memunculkan konflik horizontal. Masyarakat diadu dengan masyarakat lainnya," tuturnya.

Ia pun meminta penertiban ini tidak dipaksakan. "Jangan-jangan yang berkonflik itu adalah para elit (politik), namun menggunakan amunisi masyarakat," kritik senator kelahiran Lampung ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com