Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Raya Berdenting di Bell Tower di Perth

Kompas.com - 09/03/2012, 00:40 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PERTH, KOMPAS.com -  Indonesia Raya pun berdenting di puncak menara Bell Tower di pusat kota Perth, Western Australia.

Momen ini membuat rombongan wartawan dari Indonesia yang tengah berada di puncak menara setinggi 82 meter itu terdiam setelah beberapa hari jauh dari kampung halaman.

Selama beberapa menit, sebanyak 26 lonceng kecil berbeda-beda nada berdenting bergantian merangkai nada Indonesia Raya.

Beginilah cara Sylvia, salah satu pemandu di museum lonceng di ibukota Western Australia itu, menyambut tamu-tamunya dari Indonesia pada Desember 2011 lalu. Sylvia menekan program pada carillon yaitu rangkaian lonceng yang saling terhubung satu sama lain dan dapat bermain secara otomatis.

Rombongan wartawan Indonesia datang ke Bell Tower dalam program yang diselenggarakan Tourism Western Australia bekerjasama dengan Singapore Airlines.

Sylivia mengatakan, Indonesia Raya hanyalah salah satu dari 36.000 lagu yang dapat dimainkan secara otomatis oleh carillon di Bell Tower Perth itu. Sebagian besar lagu yang tersimpan dalam programnya adalah lagu-lagu tradisional dan lagu kebangsaan dari berbagai belahan dunia. Untuk memainkan satu lagu, pengunjung diminta memasukkan koin seharga sejumlah dolar Australia. Namun, tamu hari itu mendapat sajian gratis.

Bell Tower sebenarnya merupakan museum lonceng. Arsitekturnya yang menjulang unik membuatnya menjadi salah satu ikon di kota Perth. Lokasinya tepat berada di pusat kota di tepi Swan River dan Barrack Square. Di sana tersimpan 18 lonceng yang beberapa di antaranya sudah sangat tua.

Sejumlah koleksi paling berharga di museum itu di antaranya Swan Bells (lonceng angsa) serta 12 lonceng St Martin-in-the-Field yang merupakan lonceng Kerajaan Inggris dan telah ada sejak sebelum abad ke-14.

Bangunan tinggi ini bisa juga bisa disebut alat musik terbesar sedunia karena setiap tengah hari berdentang selama satu jam memainkan beragam rangkaian nada. Dentangan lonceng-lonceng raksasa itu bisa terdengar ke berbagai arah di kawasan itu menandai waktu istirahat para karyawan kota Perth.

Pada hari kunjungan kami, Bell Tower tak henti berdentang untuk menyambut Symphoni in The City yang berlangsung di lapangan kota pada sore harinya. Begitu kuat dentangan lonceng membuat menara bergoyang seperti tengah dilanda gempa bumi ringan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com