Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aktivitas Wisata di Ubud

Kompas.com - 10/03/2012, 07:59 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Selama lebih dari delapan puluh tahun, Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, telah memukau para pelancong mancanegara. Ubud mampu memberikan kenangan yang membekas lama bagi setiap orang yang datang berkunjung.

Bahkan, Ubud menjadi tempat pencarian cinta Elizabeth Gilbert, penulis buku Eat, Pray, Love yang kemudian diangkat ke film dengan judul yang sama dan dibintangi aktris Hollywood Julia Robert. Ada beragam pengalaman yang dapat dipetik para turis.

Ubud sendiri dipandang sebagai pusat seni dan budaya Bali. Tak heran, tiap aktivitas wisata pun berhubungan dengan budaya, kedekatan pada alam, spiritual, dan hubungan antara sesama manusia. Setiap aktivitas di Ubud pun pada akhirnya mampu memberikan kesan mendalam bagi mereka.

Anda berminat menghabiskan waktu di Ubud? Bersiaplah jatuh cinta pada aura magis Ubud. Aura yang membuat Anda tenang dan selalu membuat Anda rindu untuk kembali ke Ubud. Orang Bali menyebut aura ini sebagai “taksu”. Berikut 10 aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Ubud.

Yoga di pagi hari. Ubud identik dengan yoga. Orang-orang datang dari seluruh dunia untuk belajar yoga di Ubud. Tak hanya bagi pemula, para profesional pun menikmati sesi yoga di Ubud.

Hotel-hotel di Ubud pun memoles diri dengan yoga. Mulai dari memberikan kelas yoga gratis bagi tamu sampai menyediakan tempat khusus untuk yoa. Sebagian besar tempat-tempat yoga tersebut memiliki panorama alam seperti taman atau pemandangan ke arah sawah.

Salah satu tempat yoga yang terkenal adalah Yoga Barn di Jalan Hanoman. Yoga Barn memiliki beragam kelas yoga baik untuk kelas singkat maupun intensif. Sambut matahari pagi dengan beryoga di tengah panorama alam khas Ubud.

Naik sepeda di tepi sawah. Ingat adegan Julia Robert di film “Eat, Pray, Love” yang naik sepeda dengan latar sawah? Ya, kegiatan bersepeda di tengah sawah merupakan aktivitas paling digemari wisatawan saat pelesir di Ubud.

Sewa sepeda sebenarnya mudah dicari di Ubud. Mulai dari sekedar keliling pusat kota sampai sewa sepeda gunung untuk bersepeda sejauh ke Kintamani. Ada baiknya Anda mengambil paket tur dengan sepeda.

Dengan paket bersepeda ini, Anda akan diajak pemandu berkeliling sawah dan masuk ke perkampungan penduduk setempat. Anda pun bebas berinteraksi dan merasakan keramahan khas masyarakat Ubud.

Jika Anda tak ingin bersepeda, ikut saja tur trekking dengan berjalan melintasi sawah dan masuk ke perkampungan. Inilah pengalaman lansung berinteraksi dengan masyarakat Bali dan mengenal kehidupan dan budaya yang mereka jalani.

Belajar memasak makanan khas Bali. Kelas memasak di Ubud tengah naik daun. Restoran dan hotel menyediakan cooking class atau kelas memasak untuk wisatawan. Materi yang diajarkan adalah menu-menu khas Bali seperti sate lilit dan lawar, maupun kuliner Indonesia seperti nasi goreng, gado-gado, atau nasi kuning.

Tertarik mencoba memasak kuliner Bali? Coba datangi Paon Bali di Laplapan yang mengadakan kelas memasak di rumah. Restoran Casa Luna juga terkenal sebagai tempat belajar memasak dan dipandang sebagai restoran pertama yang membuka kelas memasak.

Peserta kelas memasak biasanya akan diajak terlebih dahulu ke pasar tradisional. Oleh karena itu, beberapa kelas sudah dimulai sejak pagi hari. Saat di pasar, peserta akan membeli langsung bahan-bahan yang dibutuhkan.

Konsultasi pengobatan tradisional ala Ketut Liyer. Spa dan wellness di Ubud berkembang pesat memanjakan turis yang datang. Namun masyarakat lokal sendiri telah mengenal pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alam sebagai obat sejak dahulu.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com