Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Kembangkan Kampung Wisata!

Kompas.com - 13/03/2012, 14:56 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Potensi kampung wisata di Kota Yogyakarta perlu dikembangkan untuk memberikan pilihan bagi wisatawan. "Jumlah kampung wisata di Kota Yogaykarta saat ini terus bertambah. Dengan semakin banyaknya kampung wisata, diharapkan akan  memberikan banyak tawaran yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Selasa (13/3/2012).

Menurut Widi, perlu campur tangan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengembangkan kampung wisata di kota ini. "Apalagi, potensi yang dimiliki kampung wisata di Kota Yogyakarta tidak terbatas pada  bangunan heritage dan wisata budaya lokal, namun juga kekuatan ekonomi kreatif lainnya yang bisa mendukung, misalnya produk  kerajinan," katanya.

Widi mengatakan kampung wisata memiliki keunikan yang ditawarkan dan sangat beragam, selain kekayaan heritage, sentra kerajinan batik, dan asesoris, juga seni tradisi lokal yang masih terpelihara dengan baik.

Sejumlah kampung wisata di Kota Yogyakarta di antaranya Kampung Dipowinatan, Kampung Cokrodirjan, Kampung Purbayan, Kotagede, Kampung Kotagede, Patangpuluhan, dan sebagainya.

"Selama ini kampung wisata di kota ini sudah menjadi daya tarik  baru bagi wisatawan. Keunikan yang ditawarkan kampung wisata itu juga terus bertambah," kata Widi yang yayasannya bergerak dalam bidang pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com