Sabtu, 25 Oktober 2014

/ Travel

Travel Community

Yuk Naik Bus Bareng Komunitas Bismania

Rabu, 14 Maret 2012 | 08:23 WIB

KOMPAS.com – Kini, berwisata identik dengan naik pesawat terbang. Padahal melakukan perjalanan, baik untuk wisata maupun tidak, ada beragam sarana transportasi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah bus.

Bus sebagai kendaraan umum jalur darat masih terus diandalkan oleh orang Indonesia sebagai moda transportasi perjalanan. Nah, sekumpulan orang pencinta bus pun bergabung dalam Komunitas Bismania.

Tak sekadar cinta dengan bus, mereka pun masih setia berwisata dengan naik bus. Berikut petikan wawancara Kompas.com dengan Komunitas Bismania yang diwakilkan oleh Johannes Najoan, Ilham Prayudi, dan Wahyudi Irianto.

Apa itu Komunitas Bismania?

Bismania adalah komunitas yang menghimpun semua kalangan masyarakat penggemar bus Indonesia seperti bus antar kota, bus pariwisata, bus untuk promosi iklan, sampai bus jenazah.

Siapa saja anggotanya?

Untuk usia anggota di komunitas ini tidak ada keterbatasan. Tidak ada masalah usia dan latar belakangnya. Sekarang sudah ada 3.000 sampai 4.000 orang yang gabung di Komunitas Bismania ini dari seluruh Indonesia.

Awal berdirinya komunitas ini?

Jadi awalnya ada 3 orang yang membahas tentang bus di sebuah blog. Kemudian resmi dijadikan komunitas pada bulan Maret tahun 2008 di pool bus Sumber Alam Kutoarjo, Jawa Tengah, oleh 3 orang itu.

Tujuan mendirikan komunitas ini apa?

Tujuannya untuk sharing tentang bus, seperti pengalaman menaiki bus-bus tertentu, kekurangan kelebihan dari bus tersebut. Juga cerita-cerita menarik pengalaman naik bus.

Kegiatan di Bismania apa saja?

Tiap minggu ada kopdar (kopi darat atau pertemuan). Ada juga kopdar akbar, ada acara road race dengan bus, acara kunjungan. Yang tidak resmi kami kumpul-kumpul, jalan jalan. Komunitas kami tidak memakai iuran tetapi mungkin jika ada kunjungan atau pergi jalan-jalan baru membayar untuk biaya jalan.

Acara jalan-jalan setiap kapan dan sudah ke mana saja?

Ada setiap minggu, setiap bulan, dan setiap tahun. Sudah keliling Indonesia pastinya dan banyak hal yang dilakukan seperti kumpul, kegiatan sosial. Ada juga kegiatan sosial di tahun 2010, kami mengirim bantuan yang di-support oleh Bus Alam, satu bus untuk bala bantuan. Ada juga donor darah, sunatan masal, membantu korban banjir di Kerawang.

Apa acara jalan-jalan paling berkesan?

Yang paling berkesan itu berkunjung ke Pabrik Hino (pabrik otomotif di Purwakarta). Paling jauh ke Medan, Aceh, Sumbawa, Denpasar, dan Bima. Semua naik bus.

Kegiatan apa yang akan dilakukan di tahun 2012?

Pada 14-15 April 2012 Jambore Nasional dan DKI Jakarta yang menjadi tuan rumah. Pada 28-31 Maret akan ada Event Indonesia Internasional Bus di JEX. Dan Bismania juga mau launching program “Ayo Naik Bus”.

Apa harapan ke depan untuk komunitas ini?

Kami ingin jadi mitra bagi pemerintah untuk menangani masalah tentang bus. Ingin mengadakan program ‘”Ayo Naik Bus”, “Bus to Mall”, “Bus to Work”, “Bus to School”, bahkan “Bus to Everywhere”.


Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana