Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Abon Gulung, Oleh-oleh Khas Papua

Kompas.com - 15/03/2012, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda sedang ke Kota Sorong, Papua Barat, ada oleh-oleh roti khas Papua yaitu roti abon gulung. Roti yang digulung dengan abon bagian luar dan dalamnya ada beberapa pilihan rasa sapi, ayam, tuna, keju dan coklat.

Roti abon gulung ini bisa dibeli di Toko Roti Billy Bakery di Jalan Ahmad Yani, Sorong, atau ada juga di Bandara Domine Eduard Osok bagi yang akan terbang untuk oleh-oleh keluarga di kota tujuan.

Bagi penggemar abon maka akan lebih nikmat makannya dengan roti abon gulung ini. Kemasannya termasuk besar dan setelah digigit bagian dalamnya rotinya maka akan kelihatan sekali jumlah porsi abonnya lebih banyak dibanding rotinya. Sehingga dimakannya akan terasa banget rasa manis dan gurih dari abonnya.

Ukurannya cukup besar dibanding roti biasa hampir sebesar genggaman telapak tangan dan taburan roti diluar maupun didalamnya kelihatan sekali abonnya menonjol sampai keluar. Harga per potong rata-rata Rp 10.000 sangat seimbang dengan isi abonnya yang meluber sampai keluar dari rotinya. Tekstur rotinya juga sangat empuk.

Abon yang berupa sejenis makanan kering berbentuk serpihan, dibuat dari daging yang diberi bumbu kemudian digoreng berwarna kehitaman atau coklat terang ini biasanya cocok untuk lauk makan nasi.

Tapi setelah dicampur dengan roti abon gulung ini rasanya juga tidak nabrak setelah diberi variasi dengan rasa keju dan coklat. Di dalam gulungan abonnya ada lelehan coklat dan keju untuk pilihan rasanya. Sehingga yang memakannya akan terasa tambahan manis dari coklat dan gurih dari abonnya untuk rasa coklat dan asin gurih untuk rasa kejunya.

Diantara beragam rotinya, penulis tetap paling suka rasa roti abon gulung orisinalnya. Karena abonnya sangat banyak diluar dan dalam rotinya. Rasanya abonnya sangat terasa sampai rasa rotinya tidak terasa lagi tergerus rasa abonnya yang manis gurih meluber melebihi porsi rotinya. Makan satu potong roti ini sudah terasa kenyang cukup untuk sarapan pagi sambil minum kopi panas.

Supaya awet sampai empat hari roti ini harus disimpan di suhu ruangan dan dipanaskan dengan microvave atau taruh di dalam rice cooker maka roti akan hangat kembali siap disantap. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com