Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang di Pantai Waekelo

Kompas.com - 19/03/2012, 11:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Waekelo Beach, begitu sebutan kerennya. Namun Waekelo sebenarnya lebih dikenal sebagai pelabuhan di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, dibanding sebagai obyek wisata pantai.

Saat mampir ke pantai ini, banyak masyarakat setempat yang mandi di pantai. Pasir pantai putih dan berkilau ditimpa matahari. Di kejauhan tampak pelabuhan dan kapal-kapal besar.

Dibanding pantai lain di Pulau Sumba, pantai ini tergolong tak sebersih pantai lain yang lebih terisolir. Tapi airnya jernih, walau di beberapa titik terdapat sampah. Namun tetap elok dan cocok untuk tempat berenang.

Di sini masih jarang turis asing, pun turis domestik. Namun, ada keasyikan tersendiri berenang bersama warga lokal. Apalagi berenang di akhir pekan atau jam pulang sekolah, makin seru berenang dengan anak-anak setempat.

Jangan kaget juga jika tiba-tiba Anda berenang dengan kuda. Kadang, masyarakat setempat mengajak kuda peliharaannya ikut berenang.

Berenang di siang hari memang bisa terbakar oleh terik matahari. Tetapi di pantai ini ada satu area teduh. Tepat di sini beberapa pohon besar menaungi perbatasan antara pasir dan air laut. Jadi Anda bisa berenang di bawah bayangan pohon. Sangat sejuk dan menenangkan.

Karena Pantai Waekelo biasa menjadi tempat pelesir warga sekitar dan bukan tempat turis, maka tak tersedia fasilitas kamar mandi. Jadi jika Anda ingin berganti baju, maka lakukan di mobil.

Atau, berkenalanlah dengan warga yang sedang berenang. Siapa tahu bisa menumpang di rumahnya untuk berganti baju. Tenang saja, orang Sumba terkenal dengan keramahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com