Minggu, 26 Oktober 2014

/ Travel

Ke Palangkaraya? Coba Datangi Tempat Ini

Jumat, 23 Maret 2012 | 06:24 WIB

PALANGKARAYA,KOMPAS.com - Jika Palembang terkenal dengan jembatan Ampera yang berada di atas sungai Musi, maka Palangkaraya punya Jembatan Kahayan yang membentang di antara Sungai Kahayan. Jembatan yang sudah berdiri sejak tahun 2001 ini merupakan jembatan yang menghubungkan kota Palangkaraya dengan Kabupaten Barito Selatan.

Jembatan ini yang terletak di jalan S. Parman ini akan memanjakan mata Anda dengan panorama indah dari arus Sungai Kahayan. Dari atas Anda akan melihat aktivitas warga sekitar yang bertransportasi dengan perahu dan para nelayan yang sedang mencari ikan.

Menurut pengakuan warga sekitar, jembatan ini akan ramai jika sudah memasuki pukul 20.00 WIB, dan akan sangat ramai jika malam minggu. Tentu pengunjungnya adalah para muda-mudi yang memadu kasih. Tak hanya muda-mudi, jembatan ini juga dipenuhi oleh para pedagang yang menjajakan segala macam barang dan makanan.

Tak jauh dari jembatan Kahayan, Anda bisa beralih ke objek wisata lainnya, yaitu Taman Wisata Kumkum. Taman ini terletak di tepian Sungai Kahayan. Tempat wisata yang berjarak 5 kilometer dari pusat kota Palangkaraya ini dipenuhi dengan pohon-pohon rindang serta pondok-pondok kayu yang memperdagangkan makanan dan minuman. Di tempat ini, Anda akan disuguhi keindahan sungai Kahayan.

Bagi Anda yang merupakan pecinta sejarah, Museum Balanga mungkin menjadi tempat wisata yang pas. Museum yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 ini menyimpan berbagai koleksi peninggalan budaya suku Dayak. Di museum ini tersimpan berbagai alat tradisional yang sering dipakai oleh suku Dayak pada jaman dahulu seperti "Mihing" (perangkap ikan tradisional), baju Sangkarut atau baju Karungkong Sulau. Ada pula senjata-senjata suku Dayak seperti Mandau, Sumpitan, Duhung dan lainnya.

Bagaimana bagi Anda yang ingin membawa "buah tangan" dari Palangkaraya? Pasar Batam siap melayani Anda. Pasar yang ada di jalan Batam ini menjual barang dan makananan khas setempat. Karena bersifat tradisional, maka para calon pembeli bisa membeli barang dengan tawar menawar. Jadi Anda harus jago menawar jika ingin membeli barang/makanan kesukaan Anda dengan harga yang terjangkau.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Palangkaraya. Namun, lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Berikut tempat wisata di kota Palangkaraya yang cukup jauh tempatnya:

Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling: Terletak di Kelurahan Banturung dan Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu. Terletak kurang lebih 45 Km atau 30 menit perjalanan dari pusat kota Palangkaraya.

Danau Tahai: Terletak kurang lebih 30 Km dari Palangkaraya  menuju arah sampit, berada 3 Km dari jalan raya.

Arboretum Nyaru Menteng: Terletak di sebelah timur jalan raya Tjilik Riwut Km 29,Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, dan hanya berjarak kurang lebih 1 Km dari Danau Tahai.

Danau Kerukan: Terletak sekitar kurang lebih 21 Km dari pusat Kota Palangka Raya, dengan waktu tempuh kira-kira 20 menit menggunakan kendaraan.


Penulis: Wirawan Kusuma
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo