Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lima Obyek Wisata Religi di Jawa Timur

Kompas.com - 26/03/2012, 10:46 WIB

BANGKALAN, KOMPAS.com — Jawa Timur (Jatim) tak hanya dikenal dengan obyek wisata religi, tetapi juga mempunyai wisata religi yang potensial untuk pariwisata di daerah ini. Menurut Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, wisata religi mampu mendongkrak sektor perekonomian masyarakat Jawa Timur.

"Jawa Timur mempunyai banyak tempat wisata alam. Tapi, jangan dianggap enteng wisata religi," kata Syaifullah Yusuf, saat menghadiri pelantikan pengurus GP Ansor Bangkalan, di Ponpes Nurul Cholil, Minggu (25/3/2012).

Ia menjelaskan, di Jatim mempunyai lima wisata religi atau kuburan wali dan belasan kiai serta ulama yang berpengaruh. Di Pulau Madura ada wisata religi Batu Ampar dan Pesarean Syaichona Cholil.

"Di Syaichona Cholil ada tiga ribu peziarah yang datang setiap hari. Bahkan, jika hari Sabtu dan Minggu peziarah yang datang bisa mencapai delapan ribu orang per hari," katanya.

Syaifullah menambahkan, jika satu orang meninggalkan uang senilai Rp 1.000, maka berapa rupiah yang berputar di Kabupaten Bangkalan. Dengan demikian, wisata kuburan sangat berpengaruh terhadap sektor perekonomian masyarakat.

"Ulama yang wafat bisa menghidupi orang yang hidup. Ini fakta yang tidak bisa dibantah. Sementara untuk wisata religi yang lain masih saya data. Kalau kuburan sunan rata-rata ada satu juta peziarah setiap hari," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com