Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Rp 650.000 Nonton Pasola di Sumba Barat

Kompas.com - 04/04/2012, 11:12 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Pesawat BAe 146-200 bermesin jet itu mendarat dengan mulus di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Bandara kecil yang baru saja direnovasi tersebut dari luar tampak seperti rumah tradisional Sumba.

Namun masuk ke area boarding, suasana tampak modern. Akses ke Pulau Sumba sebenarnya sangat mudah. Di Pulau Sumba sendiri terdapat dua bandara, yaitu Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandara Mau Hau di Sumba Timur.

Pulau Sumba terdiri dari 4 kabupaten yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Sumba Barat menjadi kabupaten yang pariwisatanya menonjol. Festival Pasola yang merupakan daya tarik utama di Sumba Barat, dan menjadikan destinasi ini begitu unik dan eksotis.

Kadang, Pulau Sumba terkesan jauh dan terpencil. Padahal akses menuju Sumba Barat mudah saja. Bisa melalui jalur darat atau jalur udara. Karena di Pulau Sumba terdapat dua bandara yang berada di ujung-ujung pulau, maka ke Sumba Barat bisa dari Indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur. Mau yang murah? Lakukan perjalanan melalui darat dan laut.

Jalur udara

Jika Anda dari Indonesia bagian barat, maka akses termudah adalah melalui Bandara Ngurah Rai, Tuban, Bali. Dari Bali, Anda cukup naik pesawat menuju Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Sementara dari Indonesia bagian timur, Anda bisa melalui Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari sini, Anda bisa naik pesawat ke Bandara Mau Hau, Sumba Timur.

Walaupun rute dari Kupang lebih banyak ke Bandara Tambolaka. Oleh karena itu, pastikan jadwal dan rute perjalanan Anda. Apakah Anda ingin menjelajahi 4 kabupaten di Pulau Sumba atau langsung hanya berkeliling di Sumba Barat.

Jika niat Anda mengelilingi Pulau Sumba, maka masuk saja melalui Bandara Mau Hau di Sumba Timur. Lalu melintasi Pulau Sumba via jalur darat. Kemudian keluar melalui Bandara Tambolaka, Sumba Barat.

Maskapai yang melayani rute dari Denpasar ke Bandara Tambolaka adalah Aviastar, Transnusa, Wings Air, dan Merpati. Harga tiket mulai dari Rp 600.000. Sedangkan rute Kupang ke Bandara Mau Hau, maskapai yang tersedia adalah Batavia dan Merpati . Harga tiket mulai dari Rp 600.000.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com