Kamis, 24 April 2014

/ Travel

Inilah Enam Obyek Wisata Gratis di Dubai

Senin, 9 April 2012 | 16:33 WIB

Baca juga

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tertarik dengan wisata murah, apalagi yang gratis? Meskipun Dubai dikenal sebagai destinasi wisata favorit turis kaya dari Eropa, bukan berarti tak ada hal gratis yang bisa dinikmati di kota itu. Apa saja aktivitas wisata gratis yang bisa dilakukan di Dubai?

Melihat Dubai Fountain
Dubai Fountain adalah air mancur tertinggi di dunia. Air mancur ini mampu menyemprotkan air sampai setinggi  275 meter atau setara dengan dengan gedung berlantai 50! Istimewanya lagi, air mancur ini berlokasi di depan menara Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Atraksi spektakuler ini bisa dinikmati tanpa membayar tiket alias gratis!

Kalau hanya sekadar tertinggi di dunia, tentu kurang menarik. Supaya makin unik, semburan air Dubai Fountain dirancang sedemikian rupa hingga bisa menyesuaikan dengan irama musik. Saat malam hari, atraksi ini terlihat makin menawan dengan hiasan 6.600 lampu dan 25 proyektor berwarna.

Jalan-jalan di mal
Anda merasa bukan tipe orang yang suka belanja? Boleh saja tidak suka belanja karena alasan penghematan. Tapi, jangan langsung bilang tidak kalau diajak jalan-jalan di mal Dubai. Pusat perbelanjaan di Dubai berbeda karena tidak hanya dirancang sebagai tempat belanja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya, dan banyak yang gratis tentunya.

Mal-mal di Dubai benar-benar didesain sebagai tempat rekreasi. Selain berbelanja, Anda bisa melihat akuarium raksasa, air terjun buatan, mengagumi desain interiornya yang unik, menikmati atraksi ski es, serta masih banyak aktivitas gratis lainnya.

Mengagumi Burj Khalifa
Rasanya hampir semua orang pernah mendengar tentang menara Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Dubai. Meskipun pengunjung diharuskan membayar tiket untuk naik ke area dek observasi, gedung tertinggi di dunia itu sebenarnya sudah bisa dinikmati dari luar.

Di sekitar Burj Khalifa ada taman dan danau buatan yang bebas dikunjungi wisatawan, sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Dan jangan lupa, atraksi Dubai Fountain yang spektakuler itu bisa disaksikan di bawah kaki menara Burj Khalifa.

Pergi ke Pantai
Pantai-pantai di Dubai dikenal sangat bersih. Areanya sudah tertata rapi dengan taman-taman dan tempat bermain anak-anak. Lokasinya sangat dekat dari pusat kota serta mudah dijangkau dengan angkutan umum. Beberapa pantai umum di Dubai bisa dikunjungi secara gratis. Jumeirah Beach Park dan Mamzar Beach Park memang menarik tiket dari pengunjung. Tapi harga tiket masuknya cukup murah, hanya 5 dirham saja (sekitar Rp 11.000).

Menyusuri Dubai Creek
Jangan pernah mengaku pernah ke Dubai kalau Anda belum mengunjungi Dubai Creek. Tempat wisata legendaris ini merupakan kawasan kota lama Dubai yang memiliki banyak bangunan-bangunan kuno, galeri, museum dan pasar tradisional. Kawasan ini juga dikenal sebagai tempat belanja perhiasan emas dan produk tekstil.

Bersantai di taman
Meskipun beriklim padang pasir, Dubai memiliki banyak taman-taman hijau nan rimbun bak kebun raya di daerah tropis. Taman-taman gratis yang bisa dikunjungi antara lain Musriff Park dan Rasyidiya Park. Sempatnya pula untuk melihat Safa Park dan Zaabel Park dengan tiket masuk hanya seharga 3 dirham saja (sekitar 7 ribu rupiah). Kalau berkunjung pada hari tertentu, Anda juga bisa menyaksikan Dubai Flea Market yang digelar secara rutin di Safa Park. (Hairun Fahrudin)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: