Jumat, 31 Oktober 2014

/ Travel

Yuk Lihat Proses Pembuatan Cokelat...

Rabu, 11 April 2012 | 08:05 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pasti suka permen cokelat. Untuk melihat proses pembuatannya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) Jember menyelenggarakan wisata kriya pembuatan cokelat mulai proses awal sampai akhir di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur.

Pengunjung akan diajak melihat proses pembuatan cokelat mulai sudah menjadi biji coklat kering, penghalusan, pengayakan dan pencampuran  susu dan gula, sampai pencetakan dan terakhir pengemasan. Sekitar empat hari waktu yang diperlukan mulai penghalusan biji cokelat kering sampai proses menjadi permen cokelat.

Lokasi pabrik cokelat yang dibangun di tengah perkebunan coklat dan karet di sebelah barat daya Kota Jember menambah sejuk suasana pabrik cokelat. Hanya setengah jam jarak yang ditempuh dengan mobil dan sekitar 20 kilometer dari Kota Jember. Kebetulan lokasinya satu arah dengan tempat wisata Pantai Papuma maka pengunjung bisa sekaligus melanjutkan perjalanan ke pantai itu setelah melihat cokelat.

Pengunjung tanpa dipungut biaya bisa menyaksikan wisata kriya ini. Masuk ke lokasi alat-alat pembuatan cokelat, sepatu tamu harus ditukar dengan sandal yang telah disediakan karena kamar pembuatan cokelat harus steril dan berudara air condition. Bau aroma cokelat langsung menyergap hidung ketika masuk ruangan yang dipenuhi alat-alat pembuatan cokelat ini.

Kami ditunjukkan pasta cokelat hasil dari penggilingan pertama biji cokelat. Kemudian diolah lagi ke penggilingan kedua menjadi lemak cokelat  yang cair seperti minyak goreng sebagai bahan baku utama penentu rasa enaknya cokelat. Lemak cokelat dan pasta ini yang dicampur dengan susu, vanilla dan gula menjadi permen cokelat.

Kemudian dicetak, didinginkan di kulkas dan dikemas berdasarkan ukuran produk. Pegawai pengemasan sangat terampil memainkan tangannya membungkus cokelat. Di ruangan ini kita penulis boleh mencicipi cokelat asli yang dari lemak cokelat yang bahan paling bagus produk Jember ini. Wow rasa cokleatnya terasa enak, legit manisnya sangat lumer di lidah.

Lokasi ini sangat cocok buat anak-anak usia sekolah yang ingin tahu cara mengolah, mengaduk dan mencetak cokelat. Dengan memakai merk resmi Vicco menghasilkan cokelat bubuk, cokelat permen batangan isi orisinal dan mente, kemasan dalam toples yang beraneka warna bungkus kertas, meisis cokelat buat tabur roti, susu cokelat cair dalam kemasan dingin serta ice cream.

Di ruangan mesin cetak seperti atraksi tersendiri melihat cokelat mesies panjang-panjang keluar dari mesin seperti layaknya mie panjang tapi terbuat dari cokelat. Setelah kering dan mendapat campuran gula meisis akan dipotong-potong keci dan dikemas untuk bahan taburan roti tawar dan kue donat.

Jenis rasa cokelat permen mulai isi mente, orisinal dan dark cokelat. Harga permen coklat per biji mulai kemasan kecil mulai Rp 1.000 per biji kemasan besar dalam toples seharga Rp 25.000 dengan kemasan aneka warna bungkus kertas warna warni menarik hati. Lemak kakao murni curah Rp 70.000 per kilogram yang digunakan untuk bahan utama pembuatan cokelat. Lemak coklat ini yang menentukan enak tidaknya rasa cokelat. Pasta cokelat halus Rp 60.000 per kilogram.

Setelah melihat proses pembuatan cokelat kami diarahkan ke toko oulet Vicco. Di toko produk-produk Vicco tersebut pengunjung diharapkan membeli produknya seperti cokelat permen, cokelat bubuk, meises, minuman coklat segar dan sabun mandi cokelat.

Dr Ir Sri Mulato MS, peneliti senior pasca panen di PPKKI mengatakan pengunjung tidak dipungut bayaran alias gratis untuk melihat proses pembuatan cokelat. Tetapi diharapkan setelah melihat prosesnya bisa membeli produk-produk cokelat Vicco di  toko outletnya.

Pabrik cokelat buka mulai Senin sampai Sabtu dan khusus hari Minggu pengunjung harus melakukan perjanjian untuk melihat pabrik cokelatnya. Produk cokelat Vicco juga dijual di Toko Koperasi Sekar di sebelah Pusat  PPKKI di Jalan Sudirman 90 Jember. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)


Editor : I Made Asdhiana