Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semburat Biru di Kerinci

Kompas.com - 13/04/2012, 12:42 WIB

Oleh Irma Tambunan

Hujan rintik menemani pendakian kami di kawasan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi, beberapa waktu lalu. Jalurnya menanjak curam sehingga kami butuh tiga jam hingga sampai di perhentian.

Namun, letihnya perjalanan seketika lenyap saat kami mencapai tanah datar di ujung punggungan gunung. Sebuah danau dengan permukaan kebiruan terhampar luas, dipagari puncak-puncak gunung. Kami terpaku. Kemegahan alam terasa begitu damai.

Gerimis telah berhenti. Mentari mulai bersembunyi menuju kaki langit. Pantulan gunung-gemunung yang mengelilingi danau vulkanik tampak jelas dari tempat kami berdiri di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Gunung-gunung itu seakan berkaca pada sekeliling permukaan telaga yang memiliki luas 12 kilometer persegi.

Mereka adalah tujuh gunung yang memberi nama danau tersebut. Hamparan yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini bisa dibilang salah satu pemandangan terindah di Kerinci. Kami mungkin tidak berkesempatan menikmati semburat jingga di ujung danau, seperti pada sore-sore biasanya. Namun, nuansa biru keabuan yang kami dapatkan selepas hujan memberikan rasa berbeda, yang membawa kami mensyukuri keagungan Sang Pencipta.

Kami pun menyiapkan tenda dan menikmati makan. Malam itu begitu hening, tetapi tak merasa sepi. Kami beruntung bisa menikmati terangnya purnama. Suasana terasa hangat di dekat api unggun.

Bagi wisatawan minat khusus, Danau Gunung Tujuh adalah tujuan wajib, selain pendakian Gunung Kerinci setinggi 3.805 meter di atas permukaan laut.

Namun, kekayaan alam Kerinci telah menyediakan beragam lokasi kunjungan. Bagi Anda penikmat keindahan, perjalanan darat menuju Kerinci sendiri sudah menjadi sebuah atraksi yang memanjakan mata, melenakan sanubari. Dari arah Kota Jambi, kita bisa memulainya dengan menikmati Danau Kerinci, kawasan lembah yang diapit hamparan Bukit Barisan. Danau yang juga kerap diliputi nuansa biru ini berpadu dengan hamparan persawahan luas hingga ke Kota Sungai Penuh.

Sungai Penuh adalah kota tenang. Pada pagi hari, kita bisa singgah ke kawasan perbukitan Bukit Kayangan yang membutuhkan waktu tempuh 10 menit dengan kendaraan bermotor. Dari sana tampak jelas gambaran Kerinci. Namun, jangan berlama-lama karena kabut kerap menutupi pandangan menuju Sungai Penuh.

Selanjutnya adalah mengunjungi perkebunan teh dan pabrik Kayu Aro. Pemerintah Belanda mendirikan kebun teh Kayu Aro tahun 1928, menjadikannya sebagai hamparan teh terluas di dunia, 2.624 hektar, yang mencakup 29 desa. Produk tehnya bernama Teh Kajoe Aro menjadi langganan bangsawan Eropa. Sekitar 90 persen teh buatan pabrik ini diekspor PT Perkebunan Nusantara VI Jambi-Sumatera Barat.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com