Jumat, 28 November 2014

/ Travel

TNI Usul Bangun Museum Trikora di Morotai

Minggu, 15 April 2012 | 10:57 WIB

MOROTAI, KOMPAS.com - Pelaksanaan Sail Morotai September 2012 diharapkan tidak hanya menampilkan peninggalan-peninggalan Perang Dunia II. Tapi juga peninggalan sejarah berupa pembebasan Irian Barat, dalam hal ini Trikora.

Ketua Panitia Pelaksana Sail Morotai tingkat pusat, Sahrin Abdul Rahman, saat mengunjungi Morotai, Sabtu (14/4/2012) mengatakan Mabes TNI mengusulkan pembangunan museum di Morotai tidak hanya berkonsentrasi pada sejarah Perang Dunia II. "Tapi harus ada juga museum Trikora," ungkap Sahrin.

Usulan Mabes TNI itu masih menurut Sahrin, dengan pertimbangan Pulau Morotai tidak hanya menyimpan kenangan bagi tentara sekutu dalam melawan Jepang pada Perang Dunia II. Tapi Pulau Morotai juga ternyata menyimpan kenangan bagi tentara Indonesia yang saat itu tergabung dalam pasukan Trikora dalam operasi pembebasan Irian Barat.

Sebab dalam pembebasan Irian Barat, para tentara Indonesia itu diberangkatkan dari bandara Pitu Morotai yang tak lain sebagai peninggalan dari tentara Sekutu semasa Perang Dunia II.

Sahrin lantas meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara agar menyediakan lahan untuk pembangunan museum Trikora. Sebab Pemerintah Pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk persiapan pembangunan museum Trikora di Morotai.


Penulis: Anton Abdul Karim
Editor : I Made Asdhiana