Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Tangkap Basah Pencuri Penyu

Kompas.com - 16/04/2012, 10:17 WIB
Edna C Pattisina

Penulis

SAMBAS, KOMPAS.com- Tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub Korwil-1 Sambas menangkap tujuh orang pencuri penyu, Sabtu (14/4/2012) dini hari. Tujuh orang tersebut tertangkap tangan mengambil penyu dan telor penyu di Pantai Camar Bulan, Desa Temajuk, Paloh, Sambas, Kalimantan Barat.

Tim Peneliti  Ekspedisi Khatulistiwa berhasil memergoki pencurian hewan langka yang dilindungi tersebut setelah melakukan pengintaian selama dua hari. Ketujuh pelaku merupakan warga Dusun Cermai, Desa Sebubus dan Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kalimantan Barat.

Setelah dilakukan pendataan, ketujuh pencuri tersebut diarak dan diserahkan ke masyarakat. "Ini untuk memberikan efek jera kepada pelaku," kata Dantim Peneliti Subkorwil Lettu Inf Cosmos Z.

Menurut Cosmos, pihaknya akan menindak tegas pelaku pencurian penyu dan telur penyu setelah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Setelah kita lakukan sosialisasi aturan, kalau masih ada yang mencuri kita serahkan ke pihak berwajib," tegas Cosmos.

Wadansubkorwil 01 Sambas, Mayor Poltak A. Simbolon, mengatakan, Tim Ekspedisi Khatulistiwa akan melatih 27 anggota kelompok masyarakat penjaga penyu. "Agar mereka dapat lebih kuat mencegah pencurian penyu dan telor penyu," kata Poltak yang juga perwira dari Group 1 Kopassus.

Perwira Koordinator Barat dan Tengah Tim Ekspedisi Khatulistiwa, Letkol Chb Fitri Taufiq Sahary mengatakan, terdapat tiga endemik penyu di Kalbar, yaitu penyu belimbing, penyu hijau, dan penyu sisik. Penyu belimbing diketahui sudah punah sementara penyu sisik terancam punah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com