Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya "Escaping" ke Javana Spa

Kompas.com - 21/04/2012, 16:52 WIB

KOMPAS.com - Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Anda bisa memulainya di saat libur akhir pekan. Caranya? Dengan merelaksasi pikiran dan perasaan, serta detoksifikasi tubuh dari racun-racun yang selama ini terserap tubuh kita akibat stres, polusi, dan juga makanan tak sehat.

Anda bisa memilih sejumlah resort yang menawarkan fasilitas spa atau perawatan tubuh yang tersebar di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, ataupun Bekasi. Salah satu yang bisa dipilih adalah resort perawatan tubuh di kawasan wisata Cidahu, Sukabumi, Javana Spa.

Lokasinya di Kawasan Cidahu sesungguhnya tak terlalu jauh dari Jakarta. Lepas dari Tol Jagorawi, arah yang dituju adalah kawasan Sukabumi. Tepatnya daerah konservasi alam Taman Nasional Halimun Gunung Salak.

Dan sesuai harapan, lepas dari gugusan beton kota metropolitan, kita bisa menghirup sejuknya udara alam Sukabumi. Pepohonan besar tampak tertata rapi seakan memagari jalan berkelok menuju resort.

Resort yang terletak di kaki Gunung Salak ini berdiri sejak 20 tahun lalu. Pemiliknya menginginkan resort ini menjadi sumber energi bagi penyembuhan dan pembaharuan pengunjungnya.

Berdiri di atas lahan seluas 123 hektar, sejauh mata memandang di kawasan resort hanyalah Gunung Salak dengan vegetasinya nan rimbun dan asri. Kabut yang turun di sepanjang hari, menambah sejuk udara.

Kontur tanah pegunungan yang berundak-undak tak diubah banyak arsitek resort untuk dalam mengatur tata letak bangunan dan justru dimanfaatkan dengan baik.

Hampir setiap ruas jalan-jalannya terdapat anak tangga. Tujuannya, agar para pengunjung aktif bergerak dan berkeringat.

Menambah indah pemandangan, taman ala Jepang nan cantik mengelilingi bangunan spa, memesona mata, membuai pandangan.

Resort ini tak hanya menyediakan segala rupa perawatan tubuh. Mulai dari spa lounge, kolam whirl pool, sauna, aneka sarana untuk perawatan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Juga, sarana untuk olah kebugaran.

Ada tiga jenis spa time, yaitu whirl pool atau dalam bahas Jepang disebut jacuzzi, onsen, atau biasa disebut dengan berendam di air belerang, dan berenang. Untuk mendapatkan fisik sehat, tentunya harus ditunjang makanan bergizi. Yang juga tak kalah penting adalah makanan atau sebutannya food spa.

Benar kiranya yang diungkapkan Ludwig Andreas Feuerbach, seorang filsuf dan rohaniawan asal Jerman di awal abad 18, "You are What You Eat". Jika menginginkan tubuh dan kehidupan yang sehat, jagalah makanan yang masuk ke tubuh Anda.

Di hari kedua di Javana Spa, jadwal tamu resort adalah trekking menuju air terjun yang jarak tempuhnya sekitar 45 menit dari resort.

Taman Nasional Gunung Halimun merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, hutan sub-montana, dan hutan montana di Jawa.

Hampir seluruh hutan di taman nasional ini berada di dataran pegunungan dengan beberapa sungai dan air terjun, yang merupakan perlindungan fungsi hidrologis di Kabupaten Bogor, Lebak, dan Sukabumi.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com