Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Patok Perbatasan Tertutup Longsoran

Kompas.com - 04/05/2012, 14:21 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Selain menemukan spesies baru dan sumber daya alam dengan kualitas baik, tim Ekspedisi Khatulistiwa yang berada di Kalimantan Timur juga menemukan sejumlah patok di perbatasan Indonesia-Malaysia yang tertimbun longsoran tanah.

Namun, Panglima Komando Daerah Militer VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subekti mengatakan, patok-patok yang berada di Kabupaten Malinau tersebut tidak bergeser. Patok-patok yang tertimbun itu kini sudah dipasang kembali pada koordinat semula.

"Tidak bergeser tapi teruruk oleh tanah longsor. Sudah dipasang kembali, dibangun kembali. Kami juga berkoordinasi dengan pos-pos di perbatasan untuk memasang patok dengan koordinat seperti semula," ujar Subekti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (4/5/2012).

Menurut Subekti, sejauh ini perjalanan Tim Ekspedisi baru mencapai 10 persen dari total rute perjalanan yang direncanakan selama 3,5 bulan. Daerah tempat patok tersebut berada merupakan taman nasional yang hutannya benar-benar lebat dan kondisi tanahnya labil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com