Selasa, 23 September 2014

News / Travel

Wisata Sambil Berkebun

Minggu, 13 Mei 2012 | 16:01 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com – Akhir pekan ini, ajak si kecil ke tempat-tempat wisata yang menyediakan acara berkebun. Selain anak Anda dapat menikmati asyiknya menanam, ia pun dapat belajar lebih mencintai lingkungan.

Tak hanya si kecil, Anda pun bisa ikut belajar menanam aneka tanaman, bisa itu buah, bunga, sampai sayuran. Berikut beberapa tempat wisata untuk aktivitas berkebun.

Taman Anggrek Indonesia Permai. Letaknya berdekatan dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Penggemar anggrek akan senang berada di taman ini. Beragam jenis anggrek dapat Anda lihat.

Tak sekadar melihat, pengunjung dapat membeli langsung anggrek yang diinginkan. Ada 30 rumah kaca berisikan beragam varietas anggrek. Anda bisa menguntingnya sendiri untuk ditanam di rumah. Tak tahu cara menanam anggrek? Tenang saja, di sini terdapat pelatihan pembudidayaan anggrek.

Taman Wisata Mekarsari. Taman wisata satu ini memang sudah tenar dalam urusan berkebun sambil wisata. Letaknya di Jalan Raya Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Ada beragam paket yang ditawarkan. Paling favorit adalah menanam padi dan menanam buah dalam pot.

Paket menanam padi biasanya sudah termasuk dengan memandikan kerbau dan melukis caping. Sementara menanam buah, biasanya masuk dalam Greenland Tour. Pengunjung diajak berkeliling kebun buah dan sayuran yang ada di Mekarsari. Kemudian, menanam sendiri buah dalam pot.

Cukup sederhana, batang tanaman diletakkan dalam pot. Lalu pot diisi tanah, sekam, dan kompos. Tak lupa, setelah padat, tanaman disiram. Pot dapat dibawa pulang. Pengunjung juga dapat belajar aneka tambulampot atau tanaman buah dalam pot.

Kebun Wisata Pasir Mukti. Mirip seperti Taman Wisata Mekarsari, paket menanam padi juga ditawarkan di tempat ini. Selain juga aktivitas membajak sawah sampai kegiatan seru seperti menangkap belut.

Lalu pengunjung dapat belajar membuat tambulampot atau tanaman buah dalam pot. Juga mengembangkan anggrek dan bunga lainnya. Kebun Wisata Pasir Mukti berada di Desa Tajur, Pasirmukti, Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Ciwidey. Ke arah selatan dari kota Bandung, mulai masuk ke kawasan Ciwidey, Rancabali, dan Pasir Jambu. Di sini ada banyak kebun stoberi dengan papan yang mengajak wisatawan untuk memetik sendiri stoberi, lalu memakannya dalam kondisi segar baru dipetik.

Harganya pun dibandrol dalam kiloan. Ya, kawasan Ciwidey memang terkenal sebagai agrowisata stoberi. Tenarnya adalah tempat berbelanja stoberi sampai produk olahan stoberi seperti selai dan dodol.

Padahal, wisatawan pun dapat belajar cara menanam stoberi. Oleh karena itu, banyak petani stoberi menjual bibit stoberi untuk dibeli wisatawan dan ditanam sendiri di rumah. Nah, jangan sekadar membeli stoberi, tak ada salahnya mencoba belajar berkebun stoberi.

Kusuma Agrowisata. Kusuma Agrowisata berada di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Malang, Jawa Timur. Apel memang identik dengan Kota Malang. Di kawasan agrowisata ini, pengunjung dapat melihat kebun apel serta memetik langsung apel yang sudah ranum.

Ada tiga jenis apel yang bisa dinikmati pengunjung yaitu rome beauty, apel ana, dan apel manalagi. Selain berjalan-jalan di kebun apel dan memakan apel yang dipetik langsung, Kusuma Agrowisata juga menyediakan pelatihan bagi pengunjung yang berminat untuk membuat kebun apel sendiri.

Paket tersedia bervariatif, mulai dari kursus kilat cara bercocok tanam sampai pelatihan untuk peminat agrobisnis. Bahkan ada pelatihan untuk calon pensiunan yang ingin mengembangkan usaha cocok tanam.

Kota Bunga Tomohon. Tomohon di Sulawesi Utara sering disebut sebagai Kota Bunga. Kota Tomohon terletak hanya sekitar 1,5 jam dari Manado. Masuk ke kawasan Tomohon, maka jejeran bunga potong menghiasi jalan-jalan.

Makin masuk lagi, kebun-kebun kecil dengan aneka bunga tampak menghiasi tepi jalan. Jika beranjak makin ke bukit, kebun-kebun bunga dengan hamparan bunga warna-warni begitu memanjakan mata.

Tak sekadar melihat bunga, wisatawan pun dapat belajar menanam bunga. Pemilik kebun dengan senang hati akan mengajarkan wisatawan cara menanam bunga. Apalagi di waktu-waktu tertentu, kota ini akan berubah ibarat kota Pasadena di Amerika Serikat. Ya, pawai bunga menyemarakkan kota Tomohon tiap tahunnya.

Bali Mangrove Information Centre. Aktivitas yang satu ini memang tak bisa disebut berkebun. Namun, mengajak si kecil menanam mangrove bisa menjadi langkah awal pentingnya menjaga lingkungan. Terutama fungsi mangrove untuk menjaga pantai dan ekosistem laut.

Menuju Bali Mangrove Information Centre bisa melalui jalan By Pass Ngurah Rai dari arah Sanur menuju bandara Ngurah Rai. Di sini, pengunjung dapat menanam mangrove. Anda bisa melihatnya langsung saat masuk ke dalam kawasan ini.

Dekat tempat membeli karcis, terdapat kolam sentuh. Jadi, pengunjung dalam rombongan, biasanya anak sekolah, dapat menanam mangrove di kolam sentuh. Cara lainnya adalah membeli bibit mangrove dan minta ditanam di salah satu area dari keseluruhan luas mangrove yang mencapai seribu hektar.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana