Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla: Komodo Persatukan Kita

Kompas.com - 17/05/2012, 09:23 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melalui proses panjang,  Taman Nasional Komodo akhirnya dikonfirmasi sebagai New 7 Wonders of Nature. "Ternyata komodo dapat mempersatukan kita semua untuk berbuat bagi kemasyhuran bangsa dan negara ini di mata dunia," ungkap Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo sekaligus Duta Besar Komodo, dalam konferensi pers di Gedung Palang Merah Indonesia, Rabu (16/5/2012).

Dengan demikian, seluruh suara yang mendukung Komodo dalam kompetisi ini sudah sah dan diakui oleh penyelenggara, New 7 Wonders Foundation. Kalla mengatakan, dengan konfirmasi ini berarti komodo diakui sebagai salah satu keajaiban dunia dan penting untuk dikunjungi.

Mantan wakil presiden yang akrab disapa JK ini juga mengatakan, pihaknya akan memperbaiki akomodasi di Taman Nasional Komodo. Pembangunan hotel-hotel baru di sana sudah jalan, kemudian perpanjangan airport, terminalnya, fasilitas kebersihan, jalan-jalan, kesehatan, dan pendidikan ke masyarakat.

JK juga mengatakan, akomodasi tersebut akan dibangun di Labuan Bajo yang memiliki waktu tempuh satu jam perjalanan boat dari Pulau Komodo sehingga tidak akan merusak ekosistem Pulau Komodo. Untuk pemandu wisata, JK mengatakan, pihaknya akan melakukan pelatihan terlebih dahulu.

"Guide-guide itu akan dilatih dulu di Bali, juga didatangkan instruktur ke sana," ungkapnya.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggata Timur. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat.

Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1.300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan  Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2.500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores, tetapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com